PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IXA DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM JATIMULYO JENGGAWAH

Aida, Nur Kumala (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IXA DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM JATIMULYO JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nim T20171013 Aida Nur Kumala Fix watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aida Nur Kumala 2023: Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IXA di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jatimulyo Jenggawah.
Kata Kunci: Strategi Joyfull Learning, Sejarah kebudayaan Islam, Hasil Belajar.
Penggunaan Strategi Joyfull Learning pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan penggunaan strategi yang sangat penting digunakan guru. Strategi merupakan alat yang sudah menjadi kewajiban Guru untuk pencapaian hasil yang diinginkan. Joyfull Learning adalah suatu pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan dan dapat dinikmati oleh siswa sehingga siswa tidak mudah bosan dengan penggunaan metode yang begitu-begitu saja. Guru yang menggunakan Strategi berharap akan mendapat hasil yang diinginkan. Dalam proses pembelajaran Joyfull Learning ini siswa dapat enjoy dan senang dengan suasana pembelajaran dengan menyanyi dan menguji kreativitas siswa dengan membuat sebuah pertnyaan pada setiap individu.
Fokus penelitia ini adalah : 1) Bagaimana Langkah-langkah Penggunaan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamm Kelas IXA di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jatimulyo Jenggawah? 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IXA di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jatimulyo Jenggawah? Peneitian ini adalah Kualitatif dengan jenis Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu, Wawancara, Obsrvasi dan Dokumentasi. Teknik Analisis data mengguanakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di MTs. Wahid Hasyim Jatimulyo Jenggawah. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah,: 1) Langkah-langkah Penggunaan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Hasl Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah: a) Diawali dengan pendahuluan meliputi membaca do’a dan mengabsen. b) pendidik mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti pengeras suara dan hanphone. c) Pendidik menjelaskan tata cara permaianan, agar tidak lupa. e) pendidik memberikan benda yang akan dipakai pada saat permainan Happy Song berlangsung. f) Musik dinyalakan. e) Musik dimatikan. 2) Hasil Belajar Siswa Setelah Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebdayaan Islam adalah : Pada setiap pembelajaran pendidik mengharapkan pengaruh, Pada penelitian ini hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran Joyfull Learning mebawa perubahan dengan adanya siswa yang semakin aktiv, kreatif, dan selalu semangat dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Aida Nur Kumala
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:48
Last Modified: 31 Jul 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item