Implementasi program TPQ dengan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP PLUS Darussholah Jember

Hidayatullah, Muhammad Ridwan (2023) Implementasi program TPQ dengan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP PLUS Darussholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Muhammad Ridwan Hidayatullah WM.pdf

Download (10MB)

Abstract

Berbagai cara dan budaya yang sudah ada di masyarakat sebagai manifestasi rasa cinta serta ta’dhim kepada al-Qur’an khususnya pembelajaran al-Qur’an di lingkup madrasah atau sekolah formal, diantaranya yakni dengan mengimplementasi pembelajaran tahfiz di madrasah, sekolah dan pesantren, membaca surah pilihan, membaca al-Qur’an sebelum beraktivitas, praktik pengobatan dengan membaca ayat-ayat al-Qur’an, khataman Qur’an, dan perilaku menghormati mushaf al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Progam TPQ dengan Metode Qiroati di SMP “Plus” Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana Implikasi Program TPQ dengan Metode Qiroati dalam Meningkatkan Baca Al-Qur’an Siswa di SMP “Plus” Darus Sholah Jember? . Tujuan dari dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Implementasi program TPQ dengan metode qiroati di SMP “Plus” Darus Sholah Jember. 2) Mendeskripsikan Implikasi Program TPQ dengan Metode Qiroati dalam Meningkatkan Baca Al-Qur’an Siswa di SMP “Plus” Darus Sholah Jember.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan dalam analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi Program TPQ dengan Metode Qiroati di SMP “Plus” Darus Sholah jember dilaksanakan dengan cara: a) Metode Qiroati dengan menggunakan alat peraga, metode klasikal. b) Kelebihan metode Qiroati praktis dan mudah dipahami oleh siswa, guru hanya menjelaskan bahan pokok pembahasan dan memberikan contoh bacaan dengan baik, kemudian siswa bisa langsung menirukannya. Kekurangan metode qiroati yaitu apabila ada siswa yang tidak lancar dalam membacanya maka lulusnya akan lama, karena di metode Qiroati ini lulusannya tidak ditentukan oleh bulan dan tahun, melainkan dari lancar dan tidak nya dalam membaca. c) Langkah-langkah pembelajaran Qiroati, Pertama pra Qiroati, Kedua Jilid 1-6, dan Ketiga guru mencontohkan cara membaca yang benar dan disimak oleh siswa dan siswa membaca bersama-sama dan siswa membaca secara bergiliran satu persatu dan disimak oleh siswa lain. 2) Implikasi Program TPQ dengan Metode Qiroati dalam Meningkatkan Baca Al-Qur’an Siswa di SMP “Plus” Darus Sholah Jember dilaksanakan dengan cara a) Implikasi Progam TPQ Pada Siswa SMP “Plus” Darus Sholah memiliki dampak yang sangat signifikan yang terlihat dalam kemampuan para siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajdwidnya b) Implikasi yang diperoleh dari program TPQ dengan metode Qiroati memberikan kemajuan terhadap kualitas siswa dalam membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridwan Muhammad Ridwan Hidayatullah
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:27
Last Modified: 01 Aug 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27611

Actions (login required)

View Item View Item