Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Kabupaten Jember Tahun 2015/2016.

Lailiyah, Hamidatul (2017) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Kabupaten Jember Tahun 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAMIDATUL LAILIYAH_084 101 150.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani kedisilinan siswa di sekolah sekolah menengah atas argopuro panti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasiln bimbingan dan konseling dalam menangani kedisiplinan siswa dalam mengatur jadwal belajarnya sendiri serta mampu mendisilinkan belajarnya di rumah maupun disekolah. Dalam hal ini dapat memberi sumbanganke pada sekolah tentang bagaimana peran guru bimbingan dan konseling serta usaha-usaha yang di tempuh seorang konselor dalam mengangani kediplian belajar siswanya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimanakah peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani kedisiplinan siswa belajar di rumah, Sekolah Menengah Atas Argopuro panti kabupaten jember tahun 2015/2016? 2). Bagaimanakah peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani kedisiplinan siswa belajar di sekolah, Sekolah Menengah Atas Argopuro panti kabupaten jember tahun 2015/2016? Untuk mengdentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obserfasi, interview, dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan deskriptif. Validitas data menggunakan tringulasi sumber. Peneliti ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1). Bimbingan dan konseling disekolah sangatlah penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa belajar. Guru Bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Kabupaten Jember sangatlah berperan penting dalam membimbing kedisiplina siswa dirumah. Karena kalau hanya disekolah bimbingan dan konseling tidak akan kondusif. Tetapi peran orang tua jugalah sangat berperan penting dalam mendisiplinkan belajar siswa. 2). Bimbingan dan konseling disekolah sangatlah penting adanya. Adanya guru bimbingan dan konseling disekolah berperan penting Agar siswa siswi yang mengalami kesulitan dalam mendisiplinkan belajarnya lebih terkontrol lagi. Tujuannya kegiatan ini dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling agar siswa dan siswi bisa terkontrol dengan baik dan bisa mendisiplinkan belajarnya dan agar siswa-siswi mendapatkan arahan serta motivasi dengan harapan tidak terjadi kenakala-kenakalan lagi dalam proses belajarnya dan untuk mencegah terjadinya kenakalan individu mauoun kelompok. Kegiatan ini berjalan efektif sehingga siswa siswi mampu bersaing dalam meraih prestasinya. Jadi peran guru Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Atas Argopuro panti kabupaten jember sangatlah penting adanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:38
Last Modified: 02 Aug 2023 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27620

Actions (login required)

View Item View Item