“Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Penanaman Nilia-nilai Aqidah dan Akhlak pada Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”.

Sa'diyah, Siti khalimatus (2017) “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Penanaman Nilia-nilai Aqidah dan Akhlak pada Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Khalimatus Sa’diyah_ 084 131 329.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam ajaran islam pendidikan berfungsi untuk membina kepribadian dan pembentukan karakter kepada generasi muda sangat dibutuhkan karena sebagai generasi penerus yang nantinya akan memegang masa depan bangsa dan agama, yaitu generasi yang mempunyai kualitas intelektual yang tinggi disertai dengan karakter yang baik atau islam menyebutkan sebagai akhlakul karimah Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanan peran guru Aqidah Akhlak dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam pada siswa di MA. Ashri Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimanan peran guru Aqidah Akhlak dalam penanaman nilai-nilai Aqidah pada siswa di MA. Ashri Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam penanamannilai-nilai Akhlak pada siswa di MA. Ashri Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran Guru Aqidah Akhlak dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam pada siswa di MA. Ashri Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Untuk mendeskripsikan peran Guru Aqidah Akhlak dalam penanaman nilai-nilai Aqidah pada siswa di MA. Ashri Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Untuk mendeskripsikan peran Guru Aqidah Akhlak dalam penanamannilai-nilai Akhlak pada siswa di MA. Ashri Jember tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi Sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian:1.)Sebagai pendidik dan pengajar memberikan pembelajaran yang sebaik-baiknya juga memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa sesuai dengan ajaran agama islam.2)Penerapan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari Seperti pelaksanaan pemabacaan Asmaul Husna, pembacaan Nadhoman, penulisan Iqro’ Bil Qolam sebelum pembelajaran dimulai.3) guru membiasakan siswa memiliki akhlak yang baik dan selalu berlaku sopan santun kepada guru dan teman, berbicara lemah lembut kepada guru. Saran dari hasil kesimpulan adalah sebagai berikut:1) Hendaknya guru lebih meningkatkan lagi dalam memberikan arahan dan memotivasi pada siswa. 2)Hendaknya guru lebih meningkatkan lagi pemahaman siswa terhadap pemahan aqidah. 3)Hendaknya guru lebih meningkatan lagi dalam penanaman akhlak terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:54
Last Modified: 02 Aug 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item