MODERASI BERAGAMA DAN KOMUNIKASI TOKOH LINTAS AGAMA DALAM MERESPON KONFLIK KEAGAMAAN DI TUNJUNGREJO, YOSOWILANGUN, LUMAJANG

Muzaki, Dirham (2023) MODERASI BERAGAMA DAN KOMUNIKASI TOKOH LINTAS AGAMA DALAM MERESPON KONFLIK KEAGAMAAN DI TUNJUNGREJO, YOSOWILANGUN, LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Mohammad Dirham Muzaki -1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mohammad Dirham Muzaki, 2022: Moderasi Beragama Dan Komunikasi Tokoh Lintas Agama dalam Merespon Konflik Keagamaan di Tunjungrejo, Yosowilangun, Lumajang.

Kata kunci: Moderasi, Konflik, Agama.

Moderasi beragama adalah sikap seseorang untuk tidak ekstrem kiri atau ekstrem kanan, hal itu merupakan salah satu faktor untuk meminimalisir terjadinya konflik agama yang biasa terjadi karena beberapa orang yang masih ekstrem dalam beragama. Konflik agama adalah suatu pertentangan, perseteruan, atau adanya upaya melemahkan satu sama lain yang terjadi di lingkup sosial masyarakat beragama, baik itu seagama maupun berbeda agama. Konflik agama dapat diselesaikan dengan adanya peran dari tokoh agama dalam menyikapi konflik tersebut. Tokoh agama adalah seseorang yang dianggap berkompeten pada ilmu-ilmu keagamaan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana respon para tokoh agama terhadap moderasi beragama dan potensi konflik di desa Tunjungrejo? 2) Bagaimana pola komunikasi tokoh agama dalam menyikapi potensi konflik di desa Tunjungrejo? 3) Bagaimana implikasi hubungan komunikasi antar umat agama dan sikap moderat dalam menyikapi potensi konflik?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui respon para tokoh agama terhadap moderasi beragama dan potensi konflik di desa Tunjungrejo. 2) Untuk mengetahui pola komunikasi tokoh agama dalam menyikapi potensi konflik di desa Tunjungrejo. 3) Untuk mengetahui implikasi hubungan komunikasi antar umat agama dan sikap moderat dalam menyikapi potensi konflik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Respon yang ditujukan para tokoh agama menunjukkan hubungan simetris yang terjalin, yakni kesamaan sikap dan harapan agar konflik tidak terjadi desa Tunjungrejo. 2) pola komunikasi tokoh agama di desa Tunjungrejo menunjukkan adanya pertukaran sosial pada hubungan para tokoh agama, seperti saling memberikan ucapan selamat pada perayaan keagamaan, saling berkunjung ke rumah tokoh agama, memberikan hadiah satu sama lain. 3) Implikasi yang terjadi pada umat beragama di desa Tunjungrejo dalam berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Depositing User: Dirham Dirham Muzaki Mohammad Dirham Muzaki
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:59
Last Modified: 03 Aug 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27648

Actions (login required)

View Item View Item