Strategi Kepemimpinan ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pada Penekanan Angka Putus Sekolah Di PKBM Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangi

Aulliyatul Gofar, Arrifa (2023) Strategi Kepemimpinan ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pada Penekanan Angka Putus Sekolah Di PKBM Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARRIFA AULLIYATUL GOFAR_T20193061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arrifa Aulliyatul Gofar, 2023, Strategi Kepemimpinan Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pada Penekanan Angka Putus Sekolah di PKBM Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangi.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Upaya Ketua PKBM, dan Penekanan Angka Putus Sekolah
Strategi kepemimpinan merupakan suatu proses menentukan rencana yang dibuat oleh seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinananya. Tindakan yang dilalukan oleh pemimpin tersebut merupakan sebagai upaya untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga secara efektif. Dalam pendidikan nonformal tentunya pemimpin perlu menentukan strategi yang digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi serta mencapai sebuah tujuan lembaga.
Fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Gaya Kepemimpinan Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangi pada penekanan angka putus sekolah, 2) Upaya Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangi pada penekanan angka putus sekolah. Adapun tujuan penelitian ini ialah: untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan upaya ketua pusat kegiatan belajar masyarakat Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangi pada penekanan angka putus sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Gaya kepemimpinan ketua PKBM Miftahun Najah pada penekanan angka putus sekolah di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi yakni meliputi, pemimpin sebagai motivator yang ditunjukkan melalui sikap dan tindakan dalam memberikan dukungan dan dorongan kepada anggota untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan yang dimiliki, terbangunnya relasi yang harmonis antara pemimpin dan anggota ditunjukkan oleh sikap yang diberikan oleh anggota kepada pemimpin dan sebaliknya, peran sebagai komunikator yang ditunjukkan oleh terjadinya komunikasi yang baik antara pemimpin dengan anggota dan sebaliknya, peran sebagai fasilitator dimana ketua PKBM Miftahun Najah memberikan fasilitas yang layak kepada seluruh anggotanya untuk menunjang setiap kegiatan yang dilaksanakan, dan dapat memberikan kompensasi berupa kenyamanan dan kesejahteraan kepada anggotanya. 2) Upaya ketua PKBM Miftahun Najah pada penekanan angka putus sekolah di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi yakni, ketua PKBM Miftahun Najah melakukan survei dan observasi kepada masyarakat yang mengalami putus sekolah, keiikutsertaan dalam berbagai program, fokus terhadap penekanan angka putus sekolah, dan kerja sama tim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Arrifa Aulliyatul Gofar
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:30
Last Modified: 03 Aug 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item View Item