NURAINI, NURAINI (2017) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Beragama Antar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NURAINI_ 084 121 367.pdf Download (25MB) |
Abstract
Guru merupakan faktor utama dalam dunia pendidikan karena guru memegang peranan penting dalam kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu dalam proses belajar mengajar hendaknya seorang guru bukan hanya memberikan pengetahuan saja (transfer of knowledge) tetapi juga memberikan penanaman nilai-nilai (transfer of value) pada pserta didik. Hal ini dilakukan agar peserta didik setelah menerima pengetahuan, mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu untuk mencapai itu semua diperlukan adanya suatu usaha yang tepat dari seorang guru, khususnya guru Pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti memilih fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: a) bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan sikap toleransi beragama antar siswa muslim dan non muslim Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2016/2017?. b) bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan sikap toleransi beragama antar siswa sesama muslim Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk a) mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan sikap toleransi beragama antar siswa musim dan non muslim Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Tahun Peajaran 2016/2017. b) mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan sikap toleransi beragama antar siswa sesama muslim Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Tahun Peajaran 2016/2017. Cara operasional penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian nmenggnakan teknik deskriptif kualitatif. Selanjutnya dalam memeriksa tingkat keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, a) upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap toleransi beragama antar siswa muslim dan non muslim adalah memberi pengarahan kepada siswa bahwasannya kita sebagai manusia tidak boleh membeda-bedakan agama antara satu sama lain, karena kita adalah makhluk sosial. Membimbing siswa untuk saling menghargai perbedaan pendapat diantara siswa muslim non muslim. Melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan antara siswa muslim dan non muslim sehingga mempererat sikap toleransi beragama diantara mereka. ix b) Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap toleransi beragama antar siswa sesama muslim adalah Melaksanakan sholat duha bersama antar siswa sesama muslim. Mengadakan kegiatan keagamaan seperti baca tulis Al-Qur’an. Mengundang khotib dari berbagai organisasi Islam secara bergantian untuk memberikan contoh kepada siswa sesama muslim bahwasanya sikap toleransi beragama sesama muslim juga penting untuk diberikan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27663 |
Actions (login required)
View Item |