Pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembangan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016-2017

Karomah, Kunti (2017) Pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembangan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KUNTI KAROMAH_. 084 131 066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Taman pendidikn Al-Qur’an (TPA) menyelenggarakan pendidikan non formal. jenis keagamaan yang bertujuan, untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar dinul Islam pada usia taman kanak-kanak yang setara dengan dimana kurikulumnya. Ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Al-Qur’an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki kesiapan pendidikan lebih lanjut. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran metode qur’ani Sidogiri Di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016-2017 ? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode qur’ani Sidogiri Di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016-2017. 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran metode qur’ani Sidogiri Di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016-2017 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembangan Kecamatan LedokOmbo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembangan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembangan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2016-2017 Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu Sebagai taman pendidikan Al-Qur’an sehingga menciptakan kampung Al-Qur’an didalam pencapaian isi kurikulum. Materi pembelajaran harus sejalan dengan kreteria yang digunakan dan tepat sasaran 2) Pelaksanaan pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu ustad/ustadzah mempunyai strategi dan metode yang bisa menciptakan kenyamana, kedamaian, keceriaan dan kedisiplinan untuk bisa menjadikan santri-santri yang berguna dimasa depan. 3) Evaluasi pembelajaran metode Qur’ani Sidogiri di TPA Miftahul Ihsan Desa Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu memakai 2 macam tes formatif dan sumatif sehingga evaluasi program MQS atau kegiatan yang mendukung berjalannya suatu taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) bisa terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:10
Last Modified: 04 Aug 2023 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item View Item