Peran Home Industry Batu Bata Merah pada Penyerapan Tenaga Kerja dan Pendapatan Rumah Tangga di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi

Surur, Fikki Fathus (2023) Peran Home Industry Batu Bata Merah pada Penyerapan Tenaga Kerja dan Pendapatan Rumah Tangga di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fikki Fathus Surur_E20182030.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Fikki Fathus Surur, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.sos, M.Si 2023 : Peran Home industry Batu Bata Merah Pasa Penyerapan Tenaga Kerja Dan Penyerapan Tenaga Kerja Di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.

Home industry memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu daerah atau negara, terutama di Indonesia. Dalam hal penyerapan tenaga kerja, home industry memberikan kontribusi yang cukup besar untuk mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, home industry memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran home industry batu bata merah pada penyerapan tenaga kerja di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi? 2) bagaimana peran home industry batu bata merah pada pendapatan rumah tangga di Desa Wringinpitu Kecamatan tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tentang peran home industry batu bata merah pada penyerapan tenaga kerja di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten banyuwangi. 2) Mendeskripsikan tentang peran home industry batu bata merah pada pendapatan rumah tangga di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. penentuan informan menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Teknik deskriptif, dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Home industry batu bata merah di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi berjumlah 15 unit dan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 53 orang pekeja. Keberadaan home industry batu bata ini memiliki peran yang penting dalam mengurangi pengangguran). 2) Home industry batu bata merah di Desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi mampu menambah pendapatan rumah tangga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kata Kunci : Home Industry, Penyerapan Tenga Kerja, Pendapatan Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fikki Fathus Surur
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:30
Last Modified: 04 Aug 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item