PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI PERMAINAN " INI GAMBAR KITA" DENGAN MEDIA KARTU DAN GAMBAR

Rohmawati, Silfiyah (2021) PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI PERMAINAN " INI GAMBAR KITA" DENGAN MEDIA KARTU DAN GAMBAR. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Mufrodat merupakan salah satu unsur bahasa yang urgen untuk menguasai empat keterampilan bahasa asing, khususnya bahasa Arab. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dan musyrifah yang mengajar bahwa kesulitan dalam penguasaan mufrodat telah dialami oleh mahasantri kelas shobah Al-lughoh Mubtadi' H mabna Asma' Binti Abi Bakar Ma'had Sunan Ampel Al-Aly.
Untuk mengatasi kesulitan penguasaan kosa kata ( mufrodat ) bahasa Arab yang telah dialami oleh mahasantri tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menerapkan strategi. Peneliti memberikan solusi dengan menerapkan strategi dalam bentuk permainan " Ini Gambar Kita " dengan menggunakan media kartu dan gambar.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dimaksud untuk mengatasi masalah yang ada di kelas Mubtadi' H mabna Asma' Binti Abi Bakar, yang jumlah seluruh mahasantrinya adalah 17. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui perkembangan dari nilai yang dihasilkan oleh mahasantri saat mengikuti ujian pada setiap siklus, dan kualitatif untuk mendiskripsikan pelaksanaan penelitian tindakan kelas di Mubtadi' H.
Penggunan permainan ini gambar kita dengan media gambar dan kartu efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata mahasantri kelas Mubtadi' H mabna Asma' Binti Abi Bakar. Hal ini dapat dilihat dalam pencapaian nilai yang diperoleh dalam setiap siklus. Sebagaimana hasil analisa data diatas, hasil dari ujian pretes, jumlah mahasantri yang lulus adalah 6 mahasantri dari 17 atau 35 %. Sedangkan pada postes setelah siklus pertama, jumlah mahasantri yang lulus adalah 16 mahasantri dari 17 atau 94 %, Sedangkan pada postes setelah siklus kedua, jumlah mahasantri yang lulus adalah semua mahasantri yang mengikutinya atau 15
mahasantri atau 100 %. Dan terkait dengan rata-rata, hasil yang ada pada pretes, rata-rata nilainya adalah 53 %, nilai rata-rata pada postes di siklus pertama adalah 88 %, sedangkan nilai rata-rata pada postes di sklus kedua adalah 97 %. Ada peningkatan rata-rata juga dalam setiap siklus.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Silfiyah Rohmawati
Date Deposited: 04 Sep 2021 07:46
Last Modified: 04 Sep 2021 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item