Sukwandini, Dara Tirta (2017) Implementasi Model Pembelajaran (Super Memory System) Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Dalam Menghafal Cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
There is a more recent version of this item available. |
Text
DARA TIRTA SUKWANDIN_084121334.pdf Download (6MB) |
Abstract
Menghafal Ayat Al-Qur’an merupakan suatu kemuliaan, pemilihan metode yang tepat, mudah di terapkan dan sulit untuk lupa adalah salah satu cara yang dapat menarik minat anakanak untuk menghafal, seperti mengahafal cepat ayat Al-Qur’an dengan menggunakan motode Super Memory System yang diterapkan di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan implementasi model pembelajaran Super Memory System untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi model pembelajaran Super Memory System untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran Super Memory System untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi model pembelajaran Super Memory System untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi model pembelajaran Super Memory System untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi model pembelajaran Super Memory System untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penentuan subyek penelitian, penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan implementasi model pembelajaran super memory system dalam menghafal cepat ayat Al-Qur’an : meliputi alokasi waktu: untuk menghafal yaitu setelah sholat shubuh, tujuan pembelajaran yaitu membantu anak-anak untuk menghafal dengan mudah dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, materi pembelajarannya yaitu juz 30 di mulai dari juz ‘amma. Kegiatan mengahafal cepat ayat Al-Qur’an ini termasuk dalam kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan tambahan jadi tidak menggunakan RPP (2) Pelaksanaan implementasi model pembelajaran super memory system dalam menghafal cepat ayat Al-Qur’an: menggabungkan lima teknik yaitu teknik cerita, plesetan, lokasi, kalimat dan angka, kelima teknik tersebut digabungkan saat akan menghafalkan ayat Al-Qur’an, namun sebelum menghafalkan ayatnya terlebih dahulu menghafalkan rumus yang jumlahnya 99 rumus, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix kemudian membuat cerita sesuai ayat yang dihafalkan dan diikuti gerakan-gerakan (3) Evaluasi implementasi model pembelajaran super memory system dalam menghafal cepat ayat Al-Qur’an : ada tiga evaluasi yang digunakan yaitu, evalusi proses yang dilakukan oleh para senior atau tutor sebaya, evaluasi formatif yaitu evaluasi yang dilakuakn Oleh Bapak adlan dan Ibu Lukiya dan evaluasi sumatif atau ujian syafakhi (Ujian lisan) yang dilakukan setiap akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27690 |
Available Versions of this Item
- Implementasi Model Pembelajaran (Super Memory System) Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Dalam Menghafal Cepat Ayat Al-Qur’an di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. (deposited 04 Aug 2023 01:03) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |