Motivasi Orang Tua Memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Sebagai Sarana Pembinaan Moral Anak Tahun Pelajaran 2016/2017.

Masruroh, Ms. (2017) Motivasi Orang Tua Memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Sebagai Sarana Pembinaan Moral Anak Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Masruroh_084 121 309.pdf

Download (18MB)

Abstract

Peran orang tua bagi anak besar pengaruhnya terhadap pendidikan. Karena keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama. Untuk mencapai hasil yang diharapkan oleh orang tua, maka orang tua memberi motivasi. Dengan motivasi orang tua anak didik akan menjadi ketagihan belajar, karena motivasi merupakan daya pendorong yang menggerakkan seseorang untuk bertindak dalam pencapai suatu tujuan. Begitupula motivasi orang tua terhadap anak, akan membuat anak lebih rajin belajar dan anak merasa ada perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Motivasi Intrinsik Orang Tua Memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember sebagai Sarana Pembinaan Moral Anak Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana Motivasi Ekstrinsik Orang Tua Memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Sebagai Sarana pembinaan Moral Anak Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan Motivasi Intrinsik Orang Tua Memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Sebagai sarana Pembinaan Moral Anak Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Mendeskripsikan Motivasi Ekstrinsik Orang Tua Memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Sebagai Sarana Pembinaan Moral Anak Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penetian motivasi orang tua memilih Madrasah Tsanawiyah Bustanul ulum Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember sebagai sarana pembinaan moral anak Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik orang tua meliputi minat, cita-cita dan Kondisi Keluarga. Sedangkan motivasi ekstrinsik orang tua meliputi Mutu lembaga, fasilitas lembaga dan juga visi misi lembaga. Motivasi intrinsik orang tua yaitu orang tua memasukkan anaknya ke MTs Bustanul Ulum yaitu adanya minat dan cita-cita dari orang tua tersebut.sedangkan motivasi ekstrinsik orang tua memasukkan anaknya ke MTs Bustanul Ulum yaitu biaya yang terjangkau dan fasilitas yang memadai dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:09
Last Modified: 04 Aug 2023 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item View Item