Pembelajaran Kitab Taisirul Khalak Dalam Menumbuhkan Budi Pekerti Santri di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kec. Rambipuji Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Abror, Misbahul (2017) Pembelajaran Kitab Taisirul Khalak Dalam Menumbuhkan Budi Pekerti Santri di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kec. Rambipuji Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbahul Abror_084 128 020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Teknologi informasi dan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat pada saat ini memang membawa banyak dampak positif bagi manusia dalam semua bidang kehidupan, akan tetapi hal tersebut juga menjadi dampak yang sangat pesat terhadap perilaku masyarakat yang semakin menjurus terhadap hal-hal yang lebih bersifat negatif. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi? 2). Bagaimana Perencanaan pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi? 3). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi? 4). Bagaimana evaluasi dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi? Adapun tujuan penelitiannya adalah: 1). Untuk mendiskripsikan pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi.2). Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi.3).Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi. 4). Untuk mendiskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Taisirul Khalak dalam menumbuhkan budi pekerti santri di pondok pesantren An-Nur Haji Alwi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif diskriptif dengan jenis teknik lapangan. Adapun penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Perencanaan pembelajaran kitab Taisirul Kholak penting untuk dikembangkan bagi para santri sehingga dapat mengaplikasikan budi pekerti yang baik mulai awal yakni dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif melalui metode sorogan dan bandongan. 2). Pelaksanaan pembelajaran kitab taisirul diarahkan pada terwujudnya system pembelajaran yang mengacu pada materi dan merealisasikannya dengan praktek serta mewujudkan sikap terpuji dengan menjadikan sosok guru sebagai uswah atau tauladan yang baik..3). Evaluasi Pembelajaran Kitab Taisirul Khalak terletak pada proses pembelajaran santri yang hal ini santri dituntut untuk mampu mengerjakan soal-soal dalam bentuk ujian. Yang mana ujian tersebut menggunakan ujian tes tulis dan tes lisan. Rutinitas ujian tersebut biasa dilakukan oleh pondok pesantren An Nur Haji Alwi setiap tiga bulan sekali dengan tujuan untuk mengetahui seberapa mana kemampuan santri dalam memahami kitab taisirul khalak dan kitab-kitab yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 06 Aug 2023 22:50
Last Modified: 06 Aug 2023 22:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27734

Actions (login required)

View Item View Item