VAWAIDURRAHMAN, VAWAIDURRAHMAN (2017) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di SMPN 02 Rambipuji Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
VAWAIDURRAHMAN_ 084 131 442.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dewasa ini banyak sekali pendidikan Agama Islam di Indonesia terutama pendidikan formal. Pada dasarnya pendidikan Islam harus melaksanakan semua aktivitasnya secara islami namun banyak pendidikan Islam formal yang hanya menerapkan aktivitas Islami pada waktu tertentu saja artinya sekolah tidak melakukan aktifitas Islami secara terstruktur. Untuk itu perlu adanya aktivitas Islami yang terencana, terorganisir, serta terkontrol. Pelaksaan aktivitas Islami yang terencana, terorganisir, serta terkontrol kemudian pada akhirnya akan menjadikan kebiasaan dan ciri khas sekolah yang disebut sebagai budaya Islami. Pelaksanaan budaya Islami sangat penting dilakukan sebagai pembentuk karakter anak selain itu dengan adanya budaya Islami akan menarik perhatian masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disekolah tersebut ditengah keadaan masyarakat yang kian mengalami degradasi moral. Oleh karenanya perlu perlu adanya upaya dari kepala sekolah untuk mewujudkan budaya Islami di sekolah yang ia pimpin. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam mengembangkan budaya Islami di Sekolah SMPN 2 Rambipuji Tahun 2017/2018? 2) Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai Educator dalam mengembangkan budaya Islami di Sekolah SMPN 2 Rambipuji Tahun 2017/2018? 3) Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam mengembangkan budaya islami di Sekolah SMPN 2 Rambipuji Tahun 2017/2018? Tujuan penelitiaan ini adalah Mendeskripsikan Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai Leader, Edikator dan motivator dalam mengembangkan budaya Islami di SMPN 2 Rambipuji Tahun 2017/2018. Metode penelitian ini diawali dengan pendekatan penellitian menggunakan kualitatif jenisnya deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi nonpartisipan dan dokumentasi serta didukkung oleh beberapa informan, yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru dan siswa Reflektif thinking. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan metodde intraktif Milles dan Heberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk ke absahan data peneliti menggunakan trigulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah : (1) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam mengembangkan budaya Islami yaitu Kemampuan kepala sekolah sebagai leader (pemimpin) merupakan salah satu kunci keberhasilannya dalam meningkatkan mutu sekolah. Kepala sekolah berperan sebagai kekuatan sentral yang menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah. (2) Peran Kepala Sekolah sebagai Educator dalam mengembangkan budaya Islami yaitu harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan (para guru dan yang ix lainnya) di sekolah. Serta mampu menciptakan iklim yang kondusif, memberikan nasehat kepada setiap warga sekolah, memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kepandidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik, dan mengadakan program akselerasi bagi para peserta didik yang memiliki kecerdasan di atas normal (3) Peran Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam mengembangkan budaya islami yaitu kepala sekolah teoritas kerja memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada guru dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 06 Aug 2023 22:44 |
Last Modified: | 06 Aug 2023 22:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27741 |
Actions (login required)
View Item |