SA’ADAH, HAFIDATUS (2017) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Yanbu’a di Raudhatut Tarbiyatul Qur’an (RTQ) Al-Burhany Putri Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (YASINAT) Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
HAFIDATUS SA’ADAH_ 084 121 335.pdf Download (15MB) |
Abstract
Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT sebagai pedoman umat Islam. Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban setiap Muslim begitu juga mengajarkannya. Di era globalisasi ini banyak bermunculan berbagai macam metode belajar membaca dan menulis Al-Qur’an, salah satunya metode yanbu’a. Metode yanbu’a merupakan panduan membaca, menulis, dan menghafal AlQur’an dengan mudah dan cepat bagi anak-anak maupun orang dewasa, dan penulisannya menggunakan Al-Qur’an rasm ‘utsmani disertai latihan menulis pegon Jawa. RTQ Al-Burhany Putri YASINAT merupakan salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode yanbu’a. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana tujuan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 2) bagaimana materi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 3) bagaimana strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ AlBurhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 4) bagaimana media pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 5) evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ AlBurhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 2) untuk mendeskripsikan materi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 3) untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 4) untuk mendeskripsikan media pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016, 5) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a di RTQ Al-Burhay Putri YASINAT Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive vii sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah 1) tujuan pembelajaran yanbu’a ialah a) agar mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidahnya, b) membekali santriwati agar memiliki kemampuan menjadi guru Al-Qur’an, c) agar selalu bertadarus dan musyafahah Al-Qur’an kepada ahli Al-Qur’an sehingga memiliki sanad yang jelas, sambung dari ahli Al-Qur’an hingga Rasulullah. 2) materi pembelajaran yanbu’a adalah kitab mulai jilid 1-7 yang didalamnya sudah lengkap mengenai materi dari tingkat dasar sampai tingkat akhir. 3) strategi pembelajaran yanbu’a yaitu strategi klasikal, individual, dan klasikal baca-simak. 4) media pembelajaran yanbu’a adalah kitab yanbu’a, Al-Qur’an rasm ‘utsmani, buku latihan gharib, papan tulis dan spidol. 5) evaluasi pembelajaran yanbu’a ada 3, yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, evaluasi akhir/ munaqasyah. Evaluasi yanbu’a tidak dilaksanakan serentak, maksudnya siapa yang sudah mampu dalam baca tulis kitabnya dan sudah bisa baca sampai akhir maka dia sudah bisa di tes/ di uji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 06 Aug 2023 22:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2023 22:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27745 |
Actions (login required)
View Item |