“Peran Orang Tua Penarik Amal Dalam Pendidikan Agama Islam Anak Di Dusun Rambutan Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari”.

Setiyadi, Indri Hapsari (2016) “Peran Orang Tua Penarik Amal Dalam Pendidikan Agama Islam Anak Di Dusun Rambutan Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indri Hapsari Setiyadi_ 084 131 133.pdf

Download (6MB)

Abstract

Setiap anak berhak memperoleh suatu pendidikan, dimana pendidikan merupakan suatu bekal untuk kedepannya bagi seorang anak. Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama, maka dari itu orang tua memiliki tanggung jawab akan segala hal yang terdapat pada diri seorang anak. Namun kesibukan kerja setiap hari mengakibatkan lupa akan kewajibannya sebagai orang tua untuk selalu memantau dan mengawasi segala kegiatan anak di sekolah maupun di rumah. Kurangnya pengawasan orang tua kepada anak sangat tidak baik dalam tumbuh kembang seorang anak, dimana anak sendiri juga membutuhkan pengawasan dari orang tuanya secara langsung. Fokus penelitian yang diteliti ini adalah: 1) Bagaimana peran ibu penarik amal dalam pendidikan agama Islam anak di dusun Rambutan desa Bangsalsari kecamatan Bangsalsari? 2) Bagaimana peran ayah penarik amal dalam pendidikan agama Islam anak di dusun Rambutan desa Bangsalsari kecamatan Bangsalsari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran ibu penarik amal dalam pendidikan agama Islam anak di dusun Rambutan desa Bangsalsari kecamatan Bangsalsari, untuk mendeskripsikan peran ayah penarik amal dalam pendidikan agama Islam anak di dusun Rambutan desa Bangsalsari kecamatan Bangsalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan informan, ayah, ibu, anak, rt/rw, guru mengaji. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan tekhnik triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) peran ibu penarik amal dalam pendidikan agama Islam anak yaitu dengan mengajarkan anak sopan santun pada yang lebih tua, mengajarkan anak untuk selalu sholat lima waktu, dan mengajari anak untuk puasa sejak dini(2) begitupun juga peran ayah penarik amal dalam pendidikan agama Islam anak yaitu dengan cara menyuruh anak untuk sholat dan mengaji, mengajarkan anak agar menyayangi makhlukmakhluk ciptaan Allah Swt, Namun hal ini tidak setiap hari dilakukan karena adanya keterbatasan waktu yang menuntut seorang ayah untuk bekerja. Jadi seorang ayah lebih mempercayakan anaknya untuk belajar di suatu lembaga salah satunya di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:10
Last Modified: 07 Aug 2023 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27760

Actions (login required)

View Item View Item