Program tadarus keliling dalam meningkatkan minat belajar al-qur’an di TPQ Sunan Kalijaga Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017.

Nasukha, Khabibatun (2017) Program tadarus keliling dalam meningkatkan minat belajar al-qur’an di TPQ Sunan Kalijaga Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khabibatun Nasukha_084 121 399.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tadarus keliling dapat meningkatkan minat belajar Al Qur’an, salah satunya di lembaga keagamaan di Desa Suci yakni TPQ Sunan kalijaga yang menerapkan berbagai kegiatan keagamaan di antaranya: program tadarus keliling, madrasah diniyah takmiliyah, bimbingan keagamaan melalui sholat berjama’ah, dan lainlain. Membaca al-Qur’an dengan tartil dengan metode Dirosati merupakan salah satu metode pembelajarannya. Dari latar belakang tersebut, peneliti memperoleh fokus masalah yaitu : (1)Latar belakang diadakannya program tadarus keliling di TPQ Sunan kalijaga, dan (2)Minat belajar al-Qur’an sebelum dan sesudah diadakannya program tadarus keliling di TPQ Sunan Kalijaga Suci Panti Jember ”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1)latar belakang diadakannya program tadarus keliling di TPQ Sunan Kalijaga serta untuk mendeskripsikan (2)minat belajar al-Quran sebelum dan sesudah diadakannya program tadarus keliling di TPQ Sunan Kalijaga Suci Panti Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data d menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahandata menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan (a)kegiatan pembiasaan yang sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan anak dalam membaca al-qur’an sesuai pengajaran Rasulullah SAW, melatih siswa membaca al-qur’an secara berulang-ulang (b)Minat belajar al-Qur’an sebelum dan sesudah diadakannya tadarus keliling mendapat respon positif dari masyarakat sekitar TPQ Sunan Kalijga dan memberi kepuasan besar bagi para asatidz dan para santri khusunya. Hal ini bisa dilihat dari hasil penerimaan santri baru dari tiap tahunnya dan hasil BTA para santri serta yang lebih membanggakan adalah hasil munaqosah para santri setiap tahunnya. Bertolah dari hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada beberapa pihak antara lain: (1) Lembaga, meningkatkan dan mempertahankan kualitas yang telah dicapai serta menambahkan kajian-kajian terhadap ayat-ayat suci al-Qur’an ketika tadarus keliling berlangsung. (2) Pengasuh lembaga, menjaga hubungan dengan wali santri supaya terjaga keseimbangannya. (3) Orang tua, mengarahkan dan mengajarkan nilai-nilai keagamaan kepada anaknya. (4) Masyarakat, hendaknya selalu mendukung dan ikut andil dalam mendidik santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:10
Last Modified: 07 Aug 2023 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27761

Actions (login required)

View Item View Item