Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh dalam Mempertahankan Nilai-nilai Keagamaan di Kecamatan Wuluhan Jember tahun 2017.

Pramistasari, Lutfi (2018) Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh dalam Mempertahankan Nilai-nilai Keagamaan di Kecamatan Wuluhan Jember tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFI PRAMISTASARI_084 131 406.pdf

Download (5MB)

Abstract

Agama Islam mewajibkan umat manusia supaya senantiasa menuntut ilmu dan menambah pengetahuan, khususnya ilmu Agama Islam yang bisa diperoleh dari lembaga mana saja. Majelis ta’lim Muslimat NU mempunyai peran tersediri dalam membantu mempertahankan nilai-nilai keagamaan di masyarakat. Salah satunya yaitu adanya nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang Bagaimanakah Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Keagamaan di Kecamatan Wuluhan Jember?. Dengan sub penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Keagamaan di Bidang Akidah di Kecamatan Wuluhan Jember?; 2) Bagaimanakah Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Keagamaan di Bidang Ibadah di Kecamatan Wuluhan Jember?; 3) Bagaimanakah Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Keagamaan di Bidang Akhlak di Kecamatan Wuluhan Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran majelis ta’lim muslimat NU ranting dukuh dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan di kecamatan Wuluhan Jember. Penelitian ini dilaksanakan di Majelis Ta’lim Muslimat NU Ranting Dukuh. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Keagamaan di Kecamatan Wuluhan Jember Tahun 2017 yaitu dengan cara diadakannya kegiatan-kegiatannya seperti pengajian rutin, maulid ad-dhiba’, dan istighosah. Sedangkan Peran majelis ta’lim muslimat NU dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan bidang akidah yakni dengan cara pengajian rutin di dalamnya terdapat materi tentang akidah. Kemudian Peran majelis ta’lim muslimat NU dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan bidang Ibadah yakni dengan mengikuti pengajian rutin terdapat ceramah tentang shalat yang berhubungan dengan ibadah mahdhah dan ibadah ghair al-mahdhah dengan cara mengikuti kegiatan maulid ad-dhiba’ sehingga membiasakan untuk meyakini dan mengalkan perintah Allah SWT. Dan peran majelis ta’lim muslimat NU dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan bidang akhlak yakni dengan cara mengikuti pengajian rutin dengan adanya materi tentang silaturrahim, saling tolong-menolong dan orang yang selalu pasrah kepada Allah. Dan kegiatan istighosah membiasakan berdzikir sehingga cara ini mewujudkan akhlak manusia kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:11
Last Modified: 07 Aug 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item View Item