Problematika Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Kerja Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Jember (Studi Kasus Mahasiswa Yang Bekerja)”

Rohim, Abdul (2017) Problematika Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Kerja Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Jember (Studi Kasus Mahasiswa Yang Bekerja)”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Rohim_084 131 023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini mahasiswa terhalang dengan adanya biaya untuk pendidikan itu sendiri. Mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu merasa terbebani apabila uang saku dari orang tuanya hanya cukup untuk biaya hidup saja belum ditambah dengan biaya pendidikan. Sehingga hal ini menuntut mahasiswa untuk kreatif dalam mencari uang untuk biaya pendidikan dan kelangsungan hidupnya. Tidak sedikit mahasiswa IAIN Jember yang memulai mengambil langkah untuk bekerja di samping dirinya juga berkuliah. Kondisi ini menjadi sesuatu yang menarik apabila diamati, terlebih bila dikaitkan dengan prestasi belajar mereka di mana beban Sistem Kredit Semester (SKS) yang menuntut untuk segara diselesaikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Apa saja motif mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI Jurusan Pendidikan Islam FTIK IAIN Jember tahun akademik 2016/2017?, 2) Bagaimana kendala yang dihadapi mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI Jurusan Pendidikan Islam FTIK IAIN Jember tahun akademik 2016/2017?, dan 3) Bagaimana prestasi akademik mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI jurusan Pendidikan Islam FTIK IAIN Jember tahun akademik 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan motif mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI Jurusan Pendidikan Islam FTIK IAIN Jember tahun akademik 2016/2017, 2) Untuk mendiskripsikan kendala yang dihadapi mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI Jurusan Pendidikan Islam FTIK IAIN Jember tahun akademik 2016/2017, dan 3) Untuk mendiskripsikan prestasi akademik mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI jurusan Pendidikan Islam FTIK IAIN Jember tahun akademik 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatf deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitan ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) motif mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember tahun akademik 2016/2017 adalah adanya motif ekonomi dan pengalaman, 2) Kendala yang dihadapi mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember tahun akademik 2016/2017 adalah membagi waktu antara bekerja dan kuliah, dan 3) prestasi akademik mahasiswa yang kuliah sambil kerja prodi PAI jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember tahun akademik 2016/2017 adalah mendapatkan Indeks Prestasi yang stabil dan tetap memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:57
Last Modified: 07 Aug 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27771

Actions (login required)

View Item View Item