“Peranan Pondok Pesantren dalam Menanamkan Panca Jiwa Pondok Pesantren pada Santri di Pondok Pesantren Islam Ash-shiddiqi Puteri Talangsari Jember Tahun 2017”

Mufidah, Elmy Nur (2017) “Peranan Pondok Pesantren dalam Menanamkan Panca Jiwa Pondok Pesantren pada Santri di Pondok Pesantren Islam Ash-shiddiqi Puteri Talangsari Jember Tahun 2017”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elmy Nur Mufidah_084 131 396.pdf

Download (27MB)

Abstract

Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Talangsari Jember merupakan pondok pesantren yang menanamkan panca jiwa pondok pesantren yang meliputi jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa kemandirian, jiwa ukhuwah Islamiyah, dan jiwa kebebasan pada santrinya. Sejak awal berdirinya yaitu pada tahun 1931 hingga saat ini pesantren ini masih menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan asli Indonesia. Mengingat perkembangan zaman yang begitu pesat, teknologi yang semakin canggih, serta gaya hidup yang modern, lembaga ini masih bertahan dengan pola kehidupannya yang unik yang dijiwai oleh panca jiwa pondok pesantren tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peranan pondok pesantren dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Talangsari Jember tahun 2017? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Talangsari Jember tahun 2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peranan pondok pesantren dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Talangsari Jember tahun 2017. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Talangsari Jember tahun 2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulsi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peranan pondok pesantren dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri memiliki peranan dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren. Kelima jiwa tersebut tertanam dalam jiwa para santri Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri melalui kegiatan kesehariannya. 2) Faktor yang mendukung dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri ada tiga faktor: a) Pengaruh faktor lingkungan utamanya teman. b) Rutinitas dan pembiasan di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri. c) Kepribadian santri itu sendiri. Sedangkan faktor yang menghambat dalam menanamkan panca jiwa pondok pesantren pada santri: a)Faktor lingkungan keluarga b) Letak pondok pesantren yang berada di perkotaan c) Kepribadian santri itu sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:01
Last Modified: 07 Aug 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27773

Actions (login required)

View Item View Item