Penerapan Strategi Point-Counterpoint dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Azizah, Safira Nur (2018) Penerapan Strategi Point-Counterpoint dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Safira Nur Azizah_084 141 044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kualitas pembelajaran sangatlah menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Sebagai pendidik harus mampu menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik, proses pembelajaran bukan hanya sebagai proses komunikasi seorang pendidik saja, akan tetapi didalam proses pembelajaran berfungsi sebagai proses interaksi yang mengharuskan peserta didik lebih aktif berkomunikasi. Akan tetapi pada kenyataannya interaksi peserta didik masih mengalami kesukaran. Oleh karena itu, pendidik harus mempunyai usaha untuk menyelesaikan masalah tersebut, seperti yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember, yaitu guru PAI menggunakan strategi point-counterpoint sebagai strategi pembelajaran yang tepat. Strategi point-counterpoint merupakan strategi yang dapat merangsang diskusi dan dapat mengembangkan argumentasi, sehingga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih aktif. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan penerapan strategi point-counterpoint dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember tahun pelajaran 2017/2018?; (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pointcounterpoint dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember tahun pelajaran 2017/2018?; (3) Bagaimana evaluasi penerapan strategi point-counterpoint dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan strategi point-counterpoint dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember tahun pelajaran 2017/2018; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi point-counterpoint dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember tahun pelajaran 2017/2018; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan strategi point-counterpoint dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian menggunakasn purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Milles dan Huberman yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. ix Dan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan strategi point-counterpoint dalam pembelajaran PAI kegiatan pertama yaitu memilih materi yang sesuai dengan strategi yang akan digunakan dan menyusun perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus dan RPP; (2) Pelaksanaan strategi point-counterpoint guru menyampaikan isu yang akan dibahas oleh 6 kelompok dengan 3 sudut pandang yang berbeda, setelah proses diksusi masing-masing kelompok menyampaikan pendapatnya, bagi kelompok lain bisa membantah, bertanya atau memberikan pendapat lainnya. Proses pembelajaran point-counterpoint berjalan sampai akhir waktu pelajaran, dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pointcounterpoint telah sesuai; (3) Evaluasi penerapan strategi point-counterpoint dalam proses pembelajaraan yang digunakan oleh guru PAI pada materi perilaku terpuji (menghargai karya orang lain) yaitu evaluasi harian, evaluasi formatif dan evaluasi diagnostik. Hasil dari penerapan strategi point-counterpoint ini dapat memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik merasa senang karena tidak merasa ragu ataupun takut untuk menyampaikan pendapat yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:04
Last Modified: 07 Aug 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27782

Actions (login required)

View Item View Item