Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Koperasi Siswa Di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

FITRIAH, ANIS LAILATUL (2018) Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Koperasi Siswa Di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIS LAILATUL FITRIAH_084 131 339.pdf

Download (6MB)

Abstract

Saat ini bangsa Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat kompleks akibat pengaruh derasnya arus informasi. Dengan pendidikan hendaknya bisa memecahkan persoalan yang ada saat ini. Karakter yang mulia merupakan suatu nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menerapkan nilai-nilai karakter disekolah tidak hanya diterapkan melalui pembelajaran dalam kelas tetapi juga dapat diterapkan melalui pembelajaran diluar kelas. Di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember memberikan wadah dalam menerapkan nilai-nilai karakter yang diterapkan melalui koperasi siswa dengan menugaskan menjaga koperasi siswa yang melibatkan semua siswa yang ada disekolah tersebut. Nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam menjaga koperasi siswa yaitu nilai nilai tanggung jawab dan kedisiplinan. Yang nantinya dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk selalu memiliki jiwa tanggung jawab dan disiplin dalam segala hal jika sudah terjun dimasyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan nilai karakter tanggung jawab melalui koperasi siswa di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana penerapan nilai karakter kedisiplinan melalui koperasi siswa di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan nilai karakter tanggung jawab melalui koperasi siswa di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember tahun pelajaran 2017/2018 (2) Untuk mendeskripsikan penerapan nilai karakter kedisiplinan melalui koperasi siswa di Madrasah Aliyah Walisongo Tegalwangi Umbulsari Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan metode kualitatif deskriptif model interaktif model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan nilai karakter tanggung jawab melalui koperasi siswa memberikan pembelajaran bagi siswa untuk bertanggung jawab dalam menjaga koperasi siswa sesuai dengan jadwal. Yakni melaksanakan semua kewajiban, tidak lari dari tugas, tidak menyalahkan orang lain, dan berani mengambil resiko. (2) Penerapan nilai karakter kedisiplinan melalui koperasi siswa diterapkan dalam menjaga koperasi siswa harus disiplin. Yakni selalu hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal dan mentaati peraturan sesuai tata tertib dalam menjaga koperasi siswa. Dalam hal ini siswa yang tidak bertanggung jawab dan tidak disiplin akan mendapatkan sanksi maupun denda dari pihak yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:02
Last Modified: 07 Aug 2023 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item View Item