Pembuatan Keputusan dalam Pengembangan Kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Aisyah, Siti (2017) Pembuatan Keputusan dalam Pengembangan Kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Aisyah_084133069.pdf

Download (23MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi berdasarkan bahwa lembaga pendidikan yang memiliki keputusan dengsn memberikan kesempatan bagi pihak- pihak terkait yaitu seluruh warga sekolah untuk terus berinovasi dengan mengkombinasi metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tersedia, dan menerapkan beberapa program pilihan bilingual dan unggulan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya telah dilaksanakan oleh SMP Plus Darus Sholah Kaliwates. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penemuan dan penentuan masalah dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates?, 2.Bagaimana penyusunan dan analisis alternatif dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates?, 3.Bagaimana pemilihan alternatif dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates?, 4.Bagaimana implementasi keputusan dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates?, 5.Bagaimana evaluasi keputusan dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates?. Tujuan penelitian ini adalah 1.Mendeskripsikan penentuan dan penemuan masalah dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates,2. Mendeskripsikan penyusunan dan analisis altenatif dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Kabupaten Jember, 3. Mendeskripsikan pemilihan alternatif dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates ,4. Mendeskripsikan implementasi keputusan dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates, 5. Mendeskripsikan evaluasi keputusan dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model interaktif Miles and Huberman. Langkah-langkah yang digunakan adalah koleksi data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1. Penemuan masalah dan penentuan masalah dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember dilakukan dengan cara menetapkan generic problem, 2. Penyusunan dan analisis altenatif dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember dilakukan melalui analisis SWOT dan mencari informasi yang akurat, 3. Pemilihan alternatif dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember telah dilaksanakan dengan memberikan pilihan dari beberapa alternatif intuk dimusyawarahkan bersama pelanggan pendidikan, 4. Implementasi keputusan dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember dilakukan dengan melibatkan seluruh warga sekolah, 5. Evaluasi keputusan dalam pengembangan kurikulum di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember dilakukan dengan memberikan tindakan perbaikan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:49
Last Modified: 08 Aug 2023 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27826

Actions (login required)

View Item View Item