“Penerapan Strategi Every One Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Di MI Bustanul Ulum 04 Kasiyan Timur Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”

Latifah, Nurul (2017) “Penerapan Strategi Every One Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Di MI Bustanul Ulum 04 Kasiyan Timur Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL LATIFAH _084 134 054.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berbicara merupakan suatu kegiatan yang selalu dilakukan oleh manusia. Akan tetapi tidak semua orang bisa berbicara dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa, khususnya pada bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional bagi warga Indonesia. Untuk memiliki kemampuan berbicara yang baik dan benar perlu adanya latihan terus-menerus baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Di kelas IV MI Bustanul Ulum 04 Kasiyan Timur Puger Jember setiap pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara menggunakan strategi every one is a teacher here dengan tujuan setiap siswa aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Keterampilan berbicara yang digunakan juga hanya terfokus pada berdialog, menyampaikan argumentasi, bercerita dan diskusi. Mengingat pada tahun 2015/2016 kelas IV keterampilan berbicara siswa masih belum maximal penggunaannya maka guru bahasa Indonesia modivikasi pembelajaran menggunakan strategi every one is a teacher here dan hasilnya sesuai dengan tujuan keterampilan berbicara. Dikarenakan adanya permasalahan di atas maka peneliti hanya terfokus pada kelas IV, sedangkan kelas V dan VI penggunaan keterampilan berbicara tidak ada masalah yang perlu di paparkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia kelas IV di MI Bustanul Ulum 04 kasiyan timur puger jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia kelas IV di MI Bustanul Ulum 04 kasiyan timur puger jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana evaluasi penerapan strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia kelas IV di MI Bustanul Ulum 04 kasiyan timur puger jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan perencanaan strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia di MI Bustanul Ulum 04 Kasiyan Timur Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Mendiskripsikan pelaksanaan strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia di MI Bustanul Ulum 04 Kasiyan Timur Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) Mendiskripsikan evaluasi strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia di MI Bustanul Ulum 04 Kasiyan Timur Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian yang dilakukan adalah: 1) Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia dimulai dengan menyusun Prota, Promes, Silabus dan Rpp. Akan tetapi lebih dikembangkan dalam rpp dengan menggunakan strategi every one is a teacher here sehingga setiap siswa mempunyai kesempatan untuk mengasah kemampuan berbicaranya. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan cara: Pertama, guru memberikan secarik kertas, kemudian siswa menulis sebuah soal. Kedua, siswa mengumpulkan kertas yang telah diisi sebuah soal, lalu kertas diacak dan dibagikan, siswa diberi waktu untuk mencari jawaban. Ketiga, guru meminta seorang sukarelawan untuk membacakan soal dan menjawabnya. Keempat, setelah jawaban diberikan, siswa yang lain diberikan kesempatan untuk merespon (menambahkan, memberi kesimpulan atau saran). Kelima, lakukan berturut-urut. 3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa indonesia menggunakan strategi every one is a teacher here yaitu menggunakan penilaian proses dengan cara tes lisan meliputi 2 faktor, yaitu: Faktor kebahasaan dan faktor nonkebahasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:50
Last Modified: 08 Aug 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27828

Actions (login required)

View Item View Item