Implementasi Hibah Pada Materi Fiqih Madrasah Aliyah Kelas X Di Masyarakat Dusun Karang Tengah Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun 2017.

MUSLIM, FAUZAN (2018) Implementasi Hibah Pada Materi Fiqih Madrasah Aliyah Kelas X Di Masyarakat Dusun Karang Tengah Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAUZAN MUSLIM_084 131 352.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hibah merupakan sesuatu yang tidak dapat di abaikan dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan hibah ini memegang peranan penting dalam melatih siswa Madrasah Aliyah dalam saling tolong menolong antar sesama, masyarakat dusun karang tengah tidak mengerti apa hibah itu, mereka hanya mengerti tentang shodaqah saja, tanpa disadari masyarakat dalam tiap harinya melakukan hibah, baik itu hibah barang maupun hibah manfaat. Dari uraian di atas maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Hibah Pada Materi Fiqih Madrasah Aliyah Kelas X Di Masyarakat Dusun Karang Tengah Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun 2017? 2) Bagaimana Pelaksanaan Ijab dan Qabul dari Implementasi Hibah? 3) Bagaimana pemanfaatan hak kepemilikan dari Implementasi Hibah? Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field Research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hibah berarti pemberian yang dilakukan sukarela dalam mendekatkan diri kepada Allah, hibah dibagi menjadi dua: hibah barang yaitu pemberian yang di berikan kepada orang lain tidak dibatasi waktu melainkan memiliki selamanya, sedangkan hibah manfaat pemberian yang terikat waktu, setelah waktu yang ditentukan maka barang tersebut di kembalikan. Dalam berhibah perlu diadakan akad ijab dan qabul dalam mengsahkan pemberian tersebut, sehingga berpindahlah hak kepemilikannya dan dapat dimanfaatkan sebagai mestinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa mempraktekkan hasil belajarnya di masyarakat, mengenai berhibah barang maupun hibah manfaat. 2) Siswa langsung menerapkan tata caraya akad ijab dan qabul di kehidupan sehari-hari. 3) Masyarakat memanfaatkan sebaik-baiknya pemberian orang lain terhadapnya dalam hal yang positif, sesuai dengan manfaat dan kegunaan barang tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:51
Last Modified: 08 Aug 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27833

Actions (login required)

View Item View Item