Sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi.

CHANIF, MOHAMAD (2018) Sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMAD CHANIF 084 131 384.pdf

Download (42MB)

Abstract

Toleransi bukan hanya menerima kehadiran orang lain yang berbeda status, keyakinan,serta perbedaan lainnya, tetapi secara aktif ikut terlibat untuk saling mengulurkan tangan dalam menciptakan perdamaian. Sedangkan tradisi merupakan suatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi, (2) Apa tantangan umat islam dalam mengimplementasikan sikap toleransi dalam tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi, dan (3) bagaimana dampak sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana bentuk sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi, (2) Untuk mendeskripsikan Apa tantangan umat islam dalam mengimplementasikan sikap toleransi dalam tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi, dan (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana dampak sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu di desa sumbersewu muncar banyuwangi. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisa yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Bentuk sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu memiliki bentuk bahwa sikap toleransi sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat desa yang berbeda agama dan adat, (2) Tantangan umat islam dalam menerapkan sikap toleransi untuk tujuan agar suapaya tidak terjadi suatu kesenjangan sosial. Karena kerukunan dalam hidup bermasyarakat sangat diutamakan, kehidupan masyarakat desa sumbersewu berbeda-beda baik dari segi pekerjaan, ekonomi maupun dari agama, dan (3) Dampak dari sikap toleransi umat islam terhadap tradisi umat hindu ada dampak negatif dan positifnya, dari dampak positifnya untuk menuntun semua kalangan umat islam agar supaya lebih menciptakan sikap toleransinya untuk tujuan menghindari kesenjangan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:52
Last Modified: 08 Aug 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27835

Actions (login required)

View Item View Item