Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Sholat Berjama’ah Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falahiyah Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017

Mustainah, Siti (2017) Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Sholat Berjama’ah Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falahiyah Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MUSTAINAH_084134029.pdf

Download (15MB)

Abstract

Karakter bangsa merupakan pilar penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam membentuk karakter sangat dibutuhkan pendidikan agama dalam suatu lembaga pendidikan. Karena, akan berpengaruh terhadap pembentukan jiwa keagamaan pada anak. Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falahiyah Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang setiap harinya diadakan pembiasaan sholat dhuhur berjama’ah pada jam 12.35 Wib yang mana Tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai religius terhadap pembentukan karakter siswa. Dan juga pembiasaan sholat dhuhur ini bertujuan agar peserta didik terbiasa sholat dirumah meskipun tanpa pengawasan dari orang tua yang terlalu sibuk disawah. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai religius dalam membentuk karakter siswa melalui sholat dhuhur berjama’ah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falahiyah Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana hasil penanaman nilai-nilai religius dalam membentuk karakter siswa melalui sholat dhuhur berjama’ah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falahiyah Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi patisipatif, wawancara tidak terstuktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Proses penanaman nilai-nilai religius dalam membentuk karakter siswa melalui sholat dhuhur berjama’ah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falahiyah Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu perencanaan tentang kesepakatan waktu sholat pada jam 12.35 wib, pelaksanaannya diwajibkan untuk semua warga sekolah melalui proses pembiasaan sholat dhuhur dan proses keteladanan perilaku dan sikap pendidik yang dimulai dari gurunya diabsen dalam kegiatan sholat berjama’ah, pelaksanaan sholat dhuhurnya terjadwal dan juga ada ceramah ketika sudah selesai sholat. 2) Hasil penanaman nilai-nilai religius dalam membentuk karakter siswa melalui sholat dhuhur berjama’ah di Madrasah Ibtidaiyah AlFalahiyah Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih taat beribadah juga menjadikan tawadhu terhadap guru, jujur dalam berkata, sopan dalam berbicara, disiplin dalam pelaksanaan sholat berjama’ah, taat kepada guru, konsisten (tepat waktu) dalam melaksanakan sholat, bertanggung jawab serta mengurangi kenakalan pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:54
Last Modified: 08 Aug 2023 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27840

Actions (login required)

View Item View Item