Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA Kelas IV di MI. Darul Ulum Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Khotimah, Hosnol (2018) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA Kelas IV di MI. Darul Ulum Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hosnol Khotimah_084 144 018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mata pelajaran IPA merupakan suatu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, terbukti dengan adanya hasil pembelajaran Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang dilaporkan depdiknas masih sangat jauh dari standart yang diharapkan. Pembelajaran IPA di SD/MI masih dilaksanakan secara konvensional dan berpusat pada guru (teacher centered) . Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitian dalam penelitian ini, adalah 1) Bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa Ranah Kognitif pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Darul Ulum? 2) Bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa Ranah Afektif pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Darul Ulum? 3) Bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa Ranah Psikomotorik pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Darul Ulum?Tujuan dari penelitian ini, adalah 1) Untuk mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa Ranah Kognitif pada mata pelajaran IPA.2) Untuk mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa Ranah Afektif. 3) Untuk mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa Ranah Psikomotorik pada mata pelajaran IPA. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Deskriptif Kualitatif, dengan jenis penelitian Fiel Research. Penentuan subyek penelitian peneliti menggunakan purposive. Tekhnik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode inquiry, questioning, dan learning community pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, baik dari segi pengetahuan, pemahaman maupun penerapannya. 2) penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah afektif, baik dari segi menerima, merespon, maupun pengorganisasian. 3) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik, baik dari segi kesiapan (set) maupun mekanisme (mechanism).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:55
Last Modified: 08 Aug 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27842

Actions (login required)

View Item View Item