Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun PelPelajaran 2018/2019.

Asiyah, Nur (2018) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun PelPelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Asiyah_084 144 050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan Emosional adalah kemampuan untuk memiliki kesadaran diri dan motivasi, serta memiliki kecakapan sosial yang meliputi empati dan keterampilan sosial yang tinggi pula. belajar menghasilkan adanya perubahan pada sikap, pengetahuan dan keterampilan, Hasil dari proses tersebut tercemin dalam prestasi belajarnya, namun dalam upaya meraih prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah memiliki kecerdasan emosional (EQ). Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember, Madrasah tersebut sudah menggunakan Kuriklum 2013. Di dalam proses pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember ditemukan beberapa siswa yang prestasinya rendah serta ditemukan masih banyaknya siswa yang kurang bisa mengontrol emosinya. Rumusan masalah dalam Skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gambaran tingkat kecerdasan emosional siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana gambaran tingkat prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019?. 3)Adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan tingkat prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 188 siswa dan responden sebanyak 128 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified proportionate random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data, peneliti menggunakan dua analisis, analisis deskriptif dengan mencari presentase masingmasing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan contingency coefficient (CC) yang sebelumnya dianalisis dengan rumus chi kuadrat. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) deskripsi tentang tingkat kecerdasan emosional menunjukkan bahwa 17 siswa dengan persentase 13% memiliki tingkat kecerdasan kategori baik, 93 siswa dengan persentase 73% dalam kategori cukup, dan 18 siswa dengan persentase 14% dalam kategori kurang. 2) deskripsi tentang Prestasi Belajar siswa dalam pembelajaran tematik menunjukkan bahwa 26 siswa dengan persentase 20% dalam kategori baik, 78 siswa dengan persentase 61% dalam ketegori cukup, dan 24 siswa dengan persentase 19% dalam kategori kurang. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan dengan kategori tinggi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:27
Last Modified: 08 Aug 2023 04:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27843

Actions (login required)

View Item View Item