Implementasi Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018.

AGUSTIN, SITI MAULIA (2018) Implementasi Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MAULIA AGUSTIN_ 084 131 269.pdf

Download (10MB)

Abstract

Bimbingan rohani dan mental merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo, kegiatan tersebut dikhususkan kepada anak-anak yang melakukan pelanggaran saja. Apabila siswa telah mencapai kriteria point-point pelanggaran yang ditetapkan di sekolah . Maka ia harus mengikuti kegiatan bimrohtal. Tujuan kegiatan bimrohtal unrtuk meningkatkan akhlak siswa, mengingat masih banyaknya penyimpanganpenyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik, maka dari itu perlunya kegiatan bimrohtal ini, didalamnya berisi kegiatan keagamaan guna membentuk siswa-siswi agar mempunyai akhlakul karimah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana bentuk-bentuk Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana Evaluasi Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018 . (2) Untuk Mendeskripsikan Bentuk-bentuk Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian fenomenologi, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. Subyek penelitiannya mengunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan analisis data model Interaktif Milles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018 dalam perencanaan bimrohtal untuk menentukan studi kelayakan dilakukan musyawarah oleh pihak-pihak terkait, penyiapan perlengkapan untuk pelaksanaan, bimrohtal dan bimrohtal ini dibimbing oleh 3 guru pembina bimrohtal. (2) Bentuk bentuk Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018, bentuk bimbingan dalam program bimrohtal ini, yakni: shalat berjamaah, pemberian materi, pembacaan dzikir dan sholawat nariyah dan membaca al-Qur’an. (3) Evaluasi Bimbingan Rohani dan Mental dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun pelajaran 2017/2018, menggunakan non tes saja. Untuk mengetahui apakah siswa tidak melakukan pelanggaran berdasarkan observasi pengamatan saja, dan juga dilihat dari absen bimrohtal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:50
Last Modified: 08 Aug 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item