Manajemen Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Jember.

Rohim, Abdul (2017) Manajemen Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Rohim_084 113 078.pdf

Download (24MB)

Abstract

Hakekat manajemen secara sederhana pada dasarnya adalah proses mengoptimalkan kontribusi manusia, material, anggaran untuk mencapai tujuan organisasi. Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pendidikan yang bermutu selalu didukung oleh perpustakaan yang memadai. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji tentang “Manajemen Pelayanan Perpustakaan dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Jember”. Fokus penelitian dalam skripsi ini tentang 1) Bagaimana perencanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jember, 2) Bagaimana pengorganisasian pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jember, 3) Bagaimana pengendalian pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jember. Tujuan dalam skripsi ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan pengendalian pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jember. Pendekatan dalam skripsi ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, in depth interview dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi data reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan temuan penelitian, maka kesimpulan dalam skripsi ini yaitu Perencanaan Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri 2 Jember meliputi: visi, misi dan tujuan perpustakaan, serta anggaran yang di peroleh pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sedangkan untuk pelayanan perpustakaan menggunakan tiga pelayanan, sirkulasi, referensi dan bimbingan pemakai. Pengorganisasian Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri 2 Jember menggunakan dua alur kerja yaitu alur kerja secara struktural dan alur kerja pelayanan serta terdapat juga perpustakaan kejujuran sebagai inovasi. Pengendalian Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri 2 Jember menggunakan tata tertib sebagai pengendalian serta melalui pelayanan tidak langsung berupa kerja sama antara petugas perpustakaan dengan para guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:24
Last Modified: 09 Aug 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27855

Actions (login required)

View Item View Item