‘’Cara Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sekolah Dasar Berdasarkan Strata Ekonomi Di Dusun Baran Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Shofi, Bidayatus (2017) ‘’Cara Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sekolah Dasar Berdasarkan Strata Ekonomi Di Dusun Baran Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BIDAYATUS SHOFI_084134023.pdf

Download (18MB)

Abstract

Dusun baran adalah salah satu dusun yang ada di Desa sukoanyar dimana masyarakat yang tinggal di dusun baran mempunyai strata ekonomi yang heterogen. Orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar anak di rumah. Oleh karena itu orang tua harus mempunyai metode-metode yang di gunakan dalam membimbing anak belajar di rumah. Berdasarkan latar belakang, di dusun baran masyarakatnya mempunyai strata ekonomi yang heterogen dan yang masih memiliki anak yang berada di sekolah dasar, maka fokus penelitian adalah bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak sekolah dasar berdasarkan strata ekonomi tinggi, menengah dan rendah di dusun baran desa sukoanyar kecamatan pakis kabupaten malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan cara orang tua dalam mendidik anak sekolah dasar berdasarkan strata sosial ekonomi tinggi, menengah dan rendah di dusun baran desa sukoanyar kecamatan pakis kabupaten malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data yang digunakan yaitu, triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1). Cara yang digunakan orang tua yang berada pada strata ekonomi tinggi dalam mendidik anak sekolah dasar adalah kebiasaan, kesabaran, nasehat, agama, dan menyediakan fasilitas bimbingan belajar 2). Cara yang digunakan orang tua yang berada pada strata ekonomi menengah dalam mendidik anak sekolah dasar adalah kebiasaan, kesabaran, nasehat, agama, dan keteladanan. 3). Cara yang digunakan orang tua yang berada pada strata ekonomi rendah dalam mendidik anak sekolah dasar adalah kebiasaan, kesabaran, nasehat, agama, dan belajar bersama dengan teman-teman sabayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:34
Last Modified: 09 Aug 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item