“Implementasi Metode Bernyanyi dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di MIMA Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”

Adawiyah, Robi'atul (2017) “Implementasi Metode Bernyanyi dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di MIMA Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROBI’ATUL ADAWIYAH_084 134 063.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah merupakan suatu pembelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap kemampun reseptif maupun produktif. Kemahiran dasar yang harus dimiliki dalam memahami bahasa Arab adalah menguasai ilmu bahasa dan kemahiran berbahasa Arab beserta kaidah-kaidahnya, menghafal/menguasai kosakata (Mufradat) beserta artinya. Salah satu problem mendasar dalam pembelajaran bahasa asing, tak terkecuali bahasa Arab, adalah pengayaan kosakata. Pemerolehan kosakata harus segera ditanamkan pada diri anak sejak dini, bila perlu melalui proses pembelajaran yang alami serta menyenangkan.Metode bernyanyi adalah metode yang dianggap tepat dalam menghafal kosakata bahasa Arab. Berdasarkan latarbelakang tersebut maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah tentang penerapan metode bernyanyi dalam menghafal kosakata bahasa Arab dan problematikanya di MIMA Darus Salam Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dijelaskan secara deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian ini bahwasannya Metode bernyanyi di MIMA Darus Salam diterpkn di kelas atas yaitu (4,5 dn 6). Dan sudah memperhatikan hal-hal penting dalam penerapan metode tersebut. Penerapannya didalam kelaspun langkah-langkah yang dilalui secara garis besar sesuai dengan teori yang ada. Hanya saja dalam hal metode pendukung serta media pendukung guru kurang maksimal padahal ada metode dan media yang dapat lebih memaksimalkan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal kosakata bahasa Arab misalnya metode kelompok serta media berbasis teknologi.Sedangkan problematika yang dihadapi dalam penerapan metode benyanyi yaitu dalam kemampuan menguasai materi serta kemampuan dalam pemanfaatan media yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:38
Last Modified: 09 Aug 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item