“Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”:

wahdiah, sukriatul (2018) “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”:. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUKRIATUL WAHDIAH_084 134 070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan kedua setelah keluarga, untuk itu diharapkan pendidik dapat menciptakan pembelajaran yang menggairahkan, dan menyenangkan agar siswa merasa senang dan termotivasi dalam belajar. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana evaluasi pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa, 3) Mendeskripsikan evaluasi pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah negeri Arjasa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian Deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik mengunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih adalah sebagai berikut, a) menentukan objek yang akan dipelajari, b) menentukan cara belajar, c) dan mengurus perizinan sehingga peserta didik akan semangat dalam belajar. 2) Pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sebagia media pembelajaran Fikih dilakukan dengan cara, a) guru mempersiapkan siswa, mengecek perlengkapan belajar siswa, dan memberitahu tata tertib selama kunjungan berlangsung, b) karena objek kunjungan bersifat bebas untuk kelas II maka siswa dapat langsung melakukan pembelajaran dengan bimbingan guru, sedangkan untuk kelas V siswa diminta untuk mencatat 10 macam makanan yang di jual di toko, dan mewawancarai pemilik toko terkait makanan halal haram, c) akhir kunjungan guru dan siswa mengucapkan terimakasih kepada pemilik tempat, d) guru dan siswa kembali ke sekolah, d) guru memberi penguatan dan menyimpulkan atas hasil kunjungan tersebut. Dengan memanfaatkan media lingkungan dalam pembelajaran Fikih siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan. 3) Evaluasi pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah negeri Arjasa yang digunakan ada dua jenis evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yaitu penilaian disaat proses pembelajaran berlangsung yang dilihat dari sikap siswa saat melakukan kunjungan. Sedangkan untuk evaluasi hasilnya yaitu dari siswa menjawab soal yang telah di berikannya atau dari ulangan harian, tugas, dan lain-lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:39
Last Modified: 09 Aug 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27888

Actions (login required)

View Item View Item