Sumiati, Ms (2018) Pembelajaran Alquran Melalui Metode Iqro’ di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Peajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SUMIATI_084134068.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pada zaman sekarang masih banyak generasi muda yang belum mampu dalam membaca Alquran dengan baik dan benar karena malas membaca atau kurang dukungan dari orang tua dalam mengajarkan membaca Alquran, sehingga menimbulkan kesulitan untuk belajar membaca Alquran. Membaca dan belajar Alquran merupakan kewajiban bagi manusia sebagai kebahagian di dunia dan akhirat. Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah menerapkan pembelajaran Alquran untuk semua peserta didik yang belum mampu dalam membaca atau yang sudah lancar membaca dengan menggunakan metode Iqro’ yang merupakan metode yang menekankan langsung pada latihan membaca tanpa mengeja, yang bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam belajar membaca Alquran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ di Madrasah IbtidaiyahI Al-Hidayah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/20018, 2. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kaliwates Jember Tahn Pelajaran 2017/2018, 3. Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data secara interaktif, model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) perencanaan pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’dengan cara mengajarkan Iqro’ jilid 1 sampai 6 tanpa menggunakan RPP karena tidak termasuk pada kurikulum melaikan termasuk pada kegiatan ekstrakurukuler, dalam perencanaan ada 5 komponen di dalamnya yaitu: a) merumuskan tujuan pemebelajaran Alquran melalui metode Iqro’ menyesuaikan petunjuk yang sudah ada pada buku Iqro’, b) mentapkan materi ada dua materi pokok dan materi penunjang, c) memilih media ada dua media alat peraga dan buku Iqro’, d)memilih metode yaitu metode Iqro’, e) evaluasi yang di digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id viii rencanakan ada dua evaluasi sumatif dan formatif. 2) pelaksanaan pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ di dalam kelas guru: a) menyampaikan materi pokok dan materi penunjang menggunakan buku Iqro’ jilid 1 samapi 6, dan buku do’a sehari-hari, b) media menggunakan alat peraga dan buku Iqro’ bertujuan untuk menghilangkan rasa kejenuhan dalam belajar membaca Alquran, c) Strategi ada tiga macam, yaitu klasikal, individual dan privat, d) metode menggunakan metode Iqro’ metode yang menekankan pada latihan membaca tanpa mengeja, e) evaluasi yaitu evaluasi sumatif. 3) Evaluasi pembelajaran Alquran melalui metode Iqro’ menggunakan dua evaluasi formatif dilakukan pada saat proses pembelajaran Alquran berlangsung dikelas pada saat membaca secara bersamaan dan seacara sendiri- sendiri dilihat dari kelancaran membaca dan ketepatan membaca,sedangkan evaluasi sumatif dilakukan pada saat tahap akhir atau EBTA yang dilihat dari tahap tersebut yaitu kelancaran, kefasihan dan ketepatan sesuai makharijul hurufnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:40 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27889 |
Actions (login required)
View Item |