AINURFIYA, NAILA RIZKA (2017) Implementas Tadarus Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi di Sekolah Dasar Al Furqan Jember Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NAILA RIZKA AINURFIYA_ 084 131 215.pdf Download (7MB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam sekaligus pedoman hidup bagi umat islam, maka Al-Qur’an wajib dibaca, dipelajari dan diamalkan, sebelum mengamalkan isi dari Al-Qur’an itu sendiri, umat islam diwajibkan untuk membaca dan mengartikan dengan sebaik-baiknya, supaya memahami maksud dari isi kandungan Al-Qur’an itu sendiri Pembelajaran Tadarus Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi adalah metode yang dilaksanakan dengan model klasikal individual guru dan siswa membaca Al-Qur’an bersama-sama halaman yang ditentukan oleh guru. Setelah dianggap tuntas oleh guru, dilanjutkan dengan individual yaitu siswa membaca Al-Qur’an satu per satu dan yang lain menyimak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Tadarus Al-Qur’an dalam pembelajaran Al Qur’an di sekolah dasar Al-Furqan Jember tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Tadarus Al-Qur’an dalam pembelajaran Al Qur’an di sekolah dasar Al-Furqan Jember tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Tadarus Al-Qur’an dalam pembelajaran Al Qur’an di sekolah dasar Al-Furqan Jember tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis peneliti ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil peneliti adalah (1) Perencanaan Pembelajaran Tadarus Al-Qur’an meliputi a) Tujuan perencanaan pembelajaran Tadarus Al-Qur’an (b) Materi pembelajaran Tadarus Al-Qur’an, (c) Kegiatan pembelajaran Tadarus Al-Qur’an, (d) Media menggunakan peraga kertas besar didalamnya terdapat tulisan besar. Dan untukkelas Al Qur’an ini biasanya menggunakan buku jilid 5.(2) Pelaksanaan Pembelajaran Tadarus Al-Qur’an menggunakan metode Ummi ini menggunakan prosedur-prosedur yang ditetapkan oleh pihak dari Ummi dan untuk pelaksanaannya satu guru mengajar 10-12 anak jadi rasio untuk pembelajaran AlQur’an di kelas Al-Qur’an ini adalah 1:10, dengan mengikuti prosedur-prosedur dari metode Ummi agar tercapainya target yang yang ingin di capai, dan di AlFurqan sudah mengikuti Prosedur-prosedur dari Metode Ummi.(3) Evaluasi Tadarus Al-Qur’an menggunakan menggunakan metode Ummi adalah evaluasi formatif dan sumatif dimana evaluasi formatif adalah evaluasi yang digunakan untuk sehari-hari seperti halnya berupa murojaah atau respon berupa Tanya jawab yang dilakukan oleh guru dan siswa dan siswa.Dan evaluasi sumatif adalah evaluasi yang digunakan pada akhir periode atau kenaikan jilid atau kenaikan dari kelas Al-Qur’an menuju kelas Tahfidz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:45 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27893 |
Actions (login required)
View Item |