Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018.

KHALILAH, 084 131 117 (2017) Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR KHALILAH_ 084 131 117.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh/diselesaikan oleh peserta didik untuk memperoleh ijazah. Pengembangan kurikulum madrasah diniyah merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan setiap madrasah diniyah dalam pelaksanakan pendidikannya tidak sama dengan kurikulum yang digunakan dalam lembaga pendidikan formal, bahkan tidak sama antara satu madrasah diniyah dengan madrasah diniyah lainnya. Pada dasarnya metode kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran, tanpa ada metode yang baik dan tepat maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, 2). Bagaimana strategi pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. 3). Bagaimana evaluasi kurikulum madrasah diniyahpondok pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep 2). Untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi pengembangan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Metode penelitian melibatkan beberapa komponen diantaranya pendekatan dan jenis penelitian. Pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitian berada di madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Sumenep, sedangkan sumber data yang ingin diperoleh dari pengumpulan-pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya mengunakan analisis data model interaksi Miles dan Hubermen dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1). perencanaan kurikulum madrasah diniyah At-Taufiqiyah sumenep yaitu:a) tujuan b) isi/bahan kurikulum (Kitab Tanbihul Ghafilin, At-Tahliyatu Wattarghib, Risalah Ahlussunnah wal Jamaah dan Sullamu Taufiq) c)strategi d) evaluasi. 2). Strategi pelaksanaan kurikulum madarah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Sumenep. Dengan menggunakan beberapa metode yaitu: a) sorogan, b) wetonan, c) bandongan, d) musyawarah, e)hafalan, f) demonstrasi, g) muhawarah 3). evaluasi kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren At-Taufiqiyah Sumenep. Dengan menggunakan evaluasi tes tulis dan tes praktik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:48
Last Modified: 09 Aug 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27895

Actions (login required)

View Item View Item