“Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Program Bina Insan Cendekia di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.”

Wulandari, Yeni (2018) “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Program Bina Insan Cendekia di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yeni Wulandari_084143089.pdf

Download (7MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Jember merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program Bina Insan Cendekia atau yang lebih dikenal (BIC), program ini merupakan salah satu program yang unik dan tidak semua sekolah yang peneliti temui menggunakan nama program tersebut, karena program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing sekolah melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah dalam bentuk pelajaran : fikih, qur’an-hadis, akhlak, tauhid, sejarah Islam, dan bahasa (Arab dan Inggris) 2. Materi Pendalaman Minat terdiri dari: usul fikih, ulum al-Qur’an, ulum al-hadis, ilmu bahasa (nahwu, saraf, balagah), mantik /falsafah/kalam. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kepala madrasah dalam menyusun perencanaan sekolah untuk meningkatkan daya saing melalui program bina insan cendekia di MAN 1 Jember?; (2) Bagaimana kepala madrasah dalam mengembangkan organisasi untuk meningkatkan daya saing melalui program bina insan cendekia di MAN 1 Jember?; (3) Bagaimana kepala madrasah dalam mengelola pengembangan kurikulum untuk meningkatkan daya saing melalui program bina insan cendekia di MAN 1 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kepala madrasah dalam menyusun perencanaan sekolah untuk meningkatkan daya saing melalui program bina insan cendekia di MAN 1 Jember, 2) Mendeskripsikan kepala madrasah dalam mengembangkan organisasi untuk meningkatkan daya saing melalui program bina insan cendekia di MAN 1 Jember, 3) Meningkatkan kepala madrasah dalam mengelola pengembangan kurikulum untuk meningkatkan daya saing melalui program bina insan cendekia di MAN 1 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subyek penelitian Purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian: 1) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Program Bina Insan Cendekia, proses penyusunan perencanaan suatu program Bina Insan Cendekia ini yaitu: a). menganalisa kebutuhan-kebutuhan atau langkah-langkah yang dibutuhkan dalam menyusun perencanaan melalui kegiatan rapat yang dilakukan pada setiap awal ix tahun ajaran baru, awal semester, dan pertengahan semester yang dihadiri oleh Kepala Madrasah beserta para guru dan jajarannya. b).Penyusunan visi-misi MAN 1 Jember dan beserta program unggulan Bina Insan Cendekia. c) Menentukan program-program kegiatan unggulan sebagai ciri khas untuk meningkatkan yang berbeda dengan sekolah lainnya. Menentukan dan menetapkan sistem Boarding school atau model ala pesantren pada program BIC yang pengawasan dan pembinaannya selama 24 jam. 2), Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Organisasi Untuk Meningkatkan Daya Saing Melalui Program Bina Insan Cendekia (Bic) Di Man 1 Jember, sebagai berikut: a). Pengembangan organisasi program Bina Insan Cendekia dibagi menjadi 2, di sekolah dan di asrama dengan pembagian kelas yang berbeda yaitu kelas putra dan putri; b) Penanggung jawab di sekolah secara organisasi pada pagi hari adalah wali kelas, guru beserta jajarannya sedangkan penanngung jawab pada sore sampai malam hari adalah tanggug jawab pengasuh asrama yang didalamnya ada murobbi. c) pengorganisasian mata pelajaran di sekolah meliputi pelajaran matematika, dan IPA yang diberlakukan untuk kelas 1 dan 2, sedangkan pengorganisasian mata pelajaran di asrama meliputi pelajaran Agama yang meliputi: Fikih, Al-Qur’an-Hadis, Akhlak, Tauhid, Sejarah Islam, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. 3) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengelola Pengembangan Kurikulum Untuk Meningkatkan Daya Saing Melalui Program Bina Insan Cendekia. Pengembangan kurikulum: a) Kurikulum yang digunakan di MAN 1 Jember adalah kurikulum K-13, karena mengikuti aturan pemerintah. b) Perencanaan kurikulum di MAN 1 Jember dilakukan dengan melibatkan kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarana parasarana, waka humas dan waka kesiswaan dan dewan guru,yang dilakukan pada awal tahun pelajaran. c) pengembangan kurikulum dalam bentuk perangkat pembelajaran dilakukan oleh waka kurikulum dan guru bidang studi masing-masing untuk menentukan program tahunan ( prota), program semerter (promes), silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). d) pengembanagn Kurikulum dalam bentuk mata pelajaran di sekolah pada pagi hari meliputi pelajaran matematika, dan IPA yang di berlakukan untuk kelas 1 dan 2, Sedangkan mata pelajaran di asrama meliputi: pelajaran fikih, Al-Qur’an-Hadis, akhlak, tauhid, sejarah Islam, dan bahasa Arab dan Inggris. e) Materi pendalaman dan peminatan meliputi: usul fikih, ulum al-Qur’an, ulum al-hadis, ilmu bahasa (nahwu, saraf, balagah), mantik /falsafah/kalam. f) proses pengawasan dan evaluasi pengembangan kurikulum dilaksanakan langsung oleh waka kurikulum atas persetujuan bersama kepala madrasah yang dilakukan awal tahun ajaran baru dan akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:04
Last Modified: 09 Aug 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item View Item