Prinsip-Prinsip Pengembangan Masyarakat dalam Perspektif Ayat Sebelas (11) Surat Ar- Ra'du (Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Jadid al Islami Sumber Wringin Sukowono Jember). Fakultas Dakwah. Prodi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Jember.

Baisuh, Muhammad (2018) Prinsip-Prinsip Pengembangan Masyarakat dalam Perspektif Ayat Sebelas (11) Surat Ar- Ra'du (Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Jadid al Islami Sumber Wringin Sukowono Jember). Fakultas Dakwah. Prodi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Baisuh_082134015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Masyarakat, surat ar-Ra’du ayat sebelas (11) dan Pesantren. Pengembangan masyarakat di pondok pesantren merupakan suatu usaha bersama dan terencana yang tidak dapat diabaikan dalam proses pengembangan masyarakat, karena kegiatan ini memegang peran penting dalam meningkat kualitas kehidupan manusia yang meliputi berbagai bidang diantaranya bidang ekonomi, pendidikan, dan sosial-budaya. Dalam hal ini pesantren juga berupaya memperkuat perannya untuk berpartisipasi memajukan bangsa agar tujuan pembangunan dapat lebih cepat tercapai. Dengan segala kegiatan yang terbingkai dalam pesantren mulai dari kegiatan pendidikan formal maupun nonformal, pengajian dan pemberdayaan bukan hal sulit untuk menggapai perubahan sosial dalam masyarakat sesuai dengan surat Ar-Ra’du ayat sebelas (11). Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dalam perspektif ayat sebelas (11) surat ArRa'du di Pondok Pesantren Nurul Jadid al Islami Sumber Wringin Sukowono Jember?, 2) Bagaimana manfaat dan tujuan implementasi prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dalam perspektif ayat sebelas (11) surat Ar-Ra'du di Pondok Pesantren Nurul Jadid al Islami Sumber Wringin Sukowono Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tentang prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dalam perspektif ayat sebelas (11) surat Ar-Ra'du di Pondok Pesantren Nurul Jadid al Islami Sumber Wringin Sukowono Jember, 2) Mendeskripsikan tentang bagaimana manfaat dan tujuan implementasi prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dalam perspektif ayat sebelas (11) surat Ar-Ra'du di Pondok Pesantren Nurul Jadid al Islami Sumber Wringin Sukowono Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif Deskriptif dan jenis studi kasus. Penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling, tekhik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) prinsip pengembangan masyarakat yang dilakukan dalam Pondok Pesantren Nurul Jadid al-Islami melalui pendidikan dan pemberdayaan untuk menerapkan prinsip pembangun personal, hak asasi manusia, kesenjangan sosial dan partisipasi dalam melakukan perubahan sosial yang dimaksud dalam surat Ar-Ra’du ayat sebelas (11). 2) Adapun manfaat dan tujuan dalam pengembangan masyarakat oleh pesantren untuk memberikan atau menjungjung hak perempuan dan anak dalam menempuh pendidikan, mengasah potensi diri, memberikan wawasan, memberikan keterampilan. Manfaat yang paling dialami adalah tidak jauh menyekolahkan anaknya dan juga dengan tanpa biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:04
Last Modified: 09 Aug 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27930

Actions (login required)

View Item View Item