Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTs Miftahul Ulum Rawan Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Maryamah, Sit (2018) Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTs Miftahul Ulum Rawan Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maryamah_084 143 128.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak bagi suatu bangsa, guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam mensukseskan pendidikan. Oleh karena itu, seyogyanya memiliki kompetensi yang bagus untuk mengembangkan siswanya secara utuh selain itu guru harus faham dan mampu menerapkan secara benar unsur-unsur yang ada didalam kompetensi guru, karena dalam unsur-unsur kompetensi guru tersebut, apabila seorang guru dapat menerapkannya dengan bagus maka kinerja guru terutama kinerja profesional guru akan semakin optimal guna mengembangkan potensi peserta didik sesuai tujuan dari pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rawan Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) bagaimana upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rawan Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) bagaimana upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rawan Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018? 4) bagaimana upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di Madarasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rawan Besuki Situbondo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ulum rawan besuki situbondo dapat peneliti ketahui dari guru diberi kebebasan dalam mengelola kelas di saat proses belajar mengajar asalkan mereka tidak melewati batasan-batasan yang sudah terdapat aturan dan tatanan. Sedangkan untuk kompetensi kepribadian guru di Madrasah Tsanawiyah miftahul ulum pemahaman terhadap agama yang bagus mereka juga memiliki kepribagian yang mantab, stabil, dewasa, dan berakhlak mulia, serta disiplin, dan memiliki kewibawaan sebagai tenaga pendidik. Sedangkan untuk kompetensi profesional guru di madrasah Tsanawiyah dapat peneliti ketahui guru dikatan profesional itu apabila sudah memiliki empat kriteria, yaitu pemahaman terhadap materi, semangat dan disiplin, inovatif, jujur dan tampa pamrih, dan tidak gagap teknologi. Untuk kompetensi sosial guru di madrasah Tsanawiyah miftahul ulum, karena guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum dalam menjalani hubungan antara peserta didik, semua pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali dan masyarakat luar bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:18
Last Modified: 11 Aug 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27950

Actions (login required)

View Item View Item