KOMARIYAH, LAELATUL (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
LAELATUL KOMARIYAH_084 121 282.pdf Download (6MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar di sekolah, merupakan poin penting dalam tercapainya keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar yaitu mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya Sejarah Kebudayaan Islam harus diorganisasikan dengan metode pembelajaran yang tepat. Dari berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kualitas belajar mengajar di sekolah, nampaknya faktor guru perlu mendapat perhatian yang pertama disamping kurikulum karena baik buruknya suatu kurikulum pada akhirnya bergantung pada aktivitas guru dalam menyebarkan dan merealisasikan kurikulum tersebut. Berdasarkan observasi yang diketahui bahwa pada awalnya model pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pakusari kurang membuat siswa itu aktif. Salah satunya dengan menggunakan metode ceramah. Dengan metode seperti ini dapat menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kelas dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu alternatif mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Metode ini dapat diterapkan pada pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang sudah diterapkan. Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana Efektivitas Model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana Efektivitas Model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? x Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan Efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendiskripsikan Efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendiskripsikan Efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif analisis. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Model Pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 diketahui bahwa 1) Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa penilaian yang di capai yaitu pengetahuan, pemahaman dan penerapan siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung, dari ke tiga peniaian tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sudah mampu mencapai KKM. 2) Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 diketahui bahwa hasil belajar afektif siswa adalah suatu sikap atau perilaku peserta didik dalam kesungguhannya mengikuti mata pelajaran sejarah kebudayaan islam yang sudah di berikan. Penilaian yang dilakukan dari hasil belajar afektif siswa ada tiga tingkatan yaitu menerima, merespon, dan menghargai. 3) Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 diketahui bahwa hasil belajar psikomotorik siswa merupakan keterampilan atau skill siswa, dan juga bisa di sebut dengan ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 08:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 08:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27975 |
Actions (login required)
View Item |