Kontribusi Pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan Dalam Mengatasi Perilaku Mohlimo Masyarakat Gambiran - Kalisat - Jember Tahun 2017 )

Anis, Muhammad (2017) Kontribusi Pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan Dalam Mengatasi Perilaku Mohlimo Masyarakat Gambiran - Kalisat - Jember Tahun 2017 ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ANIS_084 12 4 017.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pesantren sebagai simbol pendidikan Islam tertua di Indonesia yang secara historis telah menunjukkan bahwa pesantren mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat dengan peran kontribusinya yang nyata dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Seperti pengajaran, pencerahan, dan juga bimbingan bagi masyarakat. Sebagaimana kehidupan masyarakat sekaranng dengan segala aktifitas dan berbagai tuntutan diera modern ini sehingga masyarakat banyak semakin hari semakin jauh akan kesadaran beragama dan sangat minimnya akhlak, dengan langkah yang pelan, namun pasti gerak langkah pesantren telah memberikan kontribusi dalam menanggulangi prilaku mohlimo generasi muslim, dengan berbagai kegiatan yang telah diupayakan oleh pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan Gambiran Kalisat Jember. Penilitian ini fokus kepada bagaimana kontribusi pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan dalam mengatasi prilaku mohlimomasyarakat ( Study Kasus di Pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan Desa Gambiran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017 ) sedangkan sub fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1 ) Bagaimana kontribusi pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan dalam mengatasi prilaku mohlimo masyarakat dengan ibadah, 2) bagaimana kontribusi pesantren AlHumaidi Nurul Ihsan dalam mengatasi prilaku mohlimo masyarakat dengan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan dalam mengatasi prilaku mohlimo masyarakat baik dengan ibadah maupun bidang akhlak di Desa Gambiran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan, observasi, interview, dan dokumenter. Dan data yang telah diperoleh keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan adalah kontribusi pesantren Al-Humaidi Nurul Ihsan dalam upaya mengatasi prilaku molimo masyarakat yakni dengan mengadakan berbagai kegiatan yang mengikut sertakan masyarakat didalamnya. Untuk bidang ibadah sepertihalnya kegiatan majlis ta’lim, shalawatan ceramah, istighosah kubro dan shalat 5 waktu di masjid pesantren. Untuk bidang akhlak yakni dengan memberikan pendidikan akhlak dalam majlis taklim, kerja bakti, gotong royong dalam bertetangga yang tujuannya memberikan pengajaran ibadah maupun ahlak dan juga kebersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:45
Last Modified: 11 Aug 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27978

Actions (login required)

View Item View Item