Implementasi pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jember: IAIN Jember

Amsiyati, Ms. (2017) Implementasi pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMSIYATI_ 084 131 178.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan persoalan yang tetap aktual dibicarakan hingga saat ini adalah dikotomi keilmuan. Persenjangan tersebut sudah terjadi di Indonesia, begitu pula di daerah Bondowoso khususnya di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso, agar tidak terjadi persenjangan antara sains dan Al-Qur’an maka di madrasah tersebut menerapkan pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an, agar peserta didik tidak menyepelekan ilmu-ilmu agama. Karena pada dasarnya semua ilmu itu sudah ada di ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan demikian tantangan pertama pembelajaran sains dimadrasah adalah memberikan akses kepada peserta didik terhadap pengalaman-pengalaman fisik dan membantu peserta didik untuk mengkonstruksi konsep-konsep sains mereka sendiri, serta mengenalkan konsepkonsep yang sudah disepakati bersama oleh masyarakat sains. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018?(2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018?(3) Bagaimana evaluasi pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018? (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018(2)Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018(3)Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran sains yang berlandaskan AlQur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso. Peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan(1) Perencanaan pembelajaran sains yang berlandaskan Al-Qur’an yaitu dengan mencari buku dan browsing tentang pembelajaran sains Karena keterbatasan buku tersebut Guru juga browsing diinternet yaitu membaca jurnal-jurnal tentang sains dan AlQur’an(2) pelaksanaan pembelajaran sains yaitu dilakukan setelah materi di sampaikan ke siswa-siswinya kemudian guru yang mengajar menerangkan bahwa didalam Al-Qur’an itu sudah ada atau dijelaskan.(3) Evaluasi yang dilakukan hanya tanya jawab pada saat akhir pembelajaran. Bentuk evalusinya yaitu bentuk lisan. Bentuk evaluasinya yaitu evaluasi formatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:00
Last Modified: 11 Aug 2023 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27994

Actions (login required)

View Item View Item