Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incidentkelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi , Jember: IAIN Jember

Khoiriyah, Siti Rianatul (2017) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incidentkelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi , Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rianatul Khoiriyah_084131166.pdf

Download (59MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan menerapkan berbagai strategi pembelajaran aktif, agar hasil belajar dapat maksimal dan tidak membosankan. Salah satunya menggunakan strategi critical incident. Strategi pembelajaran aktif critical incident dapat mengembangkan kreativitas siswa. Karena strategi pembelajaran aktif critical incident adalah salah satu strategi pembelajaran yang menyenangkan. Diharapkan strategi pembelajaran aktif critical incident dapat mengembangkan kreaktifitas siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya mendukung penerapan pembelajaran yang efektif, SMP 1 Sukowono mulai menerapkan pembelajaran aktif, salah satu pembelajarannya adalah strategi pembelajaran critical incident (pengalaman penting). Strategi ini digunakan untuk memulai pelajaran critical incident memiliki beberapa kelebihan seperti dapat dijadikan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak, baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, maupun menghadapi dunia kerja. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incident kelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pelaksanaanpembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incident kelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018?(3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incident kelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incident kelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaanpembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incident kelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018, (3) Untuk Mendeskripsikan bagaimana evaluasipembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incident kelas VII di SMPN 01 Sukowono tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di SMPN 01 Sukowono, peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi Critical Incidentini sebelum menerapkan atau masuk kelas mengisi pelajaran guru diminta oleh kepala sekolah untuk membuat perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didalamnya terdapat x materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi critical incidentsudah sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan pada RPP yang sudah dibuat.Dan pada pelaksanaannya lebih menekankan pada cara berfikir siswanya terhadap pemecahan masalah atau realita yang mereka hadapi dalam situasi yang baru sesuai dengan materi-materi yang telah diajarkan. (3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi Critical Incidentyaitu menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. evaluasi formatif dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan. evaluasi sumatif adalah penilaian yang dilakukan untuk memperoleh data atau informasi sampai dimana penguasaan atau pencapaian siswa terhadap bahan pelajaran yang telah dipelajarinya selama jangka waktu tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:01
Last Modified: 11 Aug 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item