Pembelajaran Metode Iqra’ Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Istiqomah, Nur ‘Ainiyatul (2017) Pembelajaran Metode Iqra’ Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR`AINIYATUL IST100ⅣIA_084131050.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an yang optimal akan melahirkan generasi Qur’ani yang mampu memakmurkan bumi dengan Al-Qur’an dan menyelamatkan peradaban dunia di masa mendatang. Syarat mutlak untuk memunculkan generasi Qur’ani adalah pemahanan terhadap Al-Qur’an yang diawali dengan mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tajwidnya. Oleh karenya diterapkan sebuah metode pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter (Akhlaq) serta melatih ketekunan dan keterampilan peserta didik yang sesuai dengan tujuan bersama. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember tahun pelajaran 2016/2017. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember tahun pelajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara teknik interaktif, model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) perencanaan pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember yaitu sebagai madrasah yang mencetak generasi Qur’ani melalui pembelajaran berbasis menulis Al-Qur’an Iqra’ Bil Qolam follow the line (mengikuti garis) yang berpacu pada program tahunan dan program semester. 2) Pelaksanaan pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan membudayakan menulis Al-Qur’an follow the line dan dilaksanakan setiap hari 15-20 menit sebelum jam pertama dimulai dengan target 5 Juz per tahun. 3) Evaluasi pembelajaran metode Iqra Bil Qolam di Madrasah Tsanawiyah Ashri Talangsari Jember yaitu evaluasi diadakan secara langsung saat peserta didik menulis Al-Qur’an dengan melihat keterampilan, kesabaran, keuletan menulis peserta didik serta evaluasi diadakan secara keseluruhan dilihat dari rekapan ketuntasan dalam jurnal Iqra’ Bil Qolam sebagai persyaratan pengambilan rapor semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:03
Last Modified: 11 Aug 2023 09:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28022

Actions (login required)

View Item View Item