Implementasi Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

syairozi, mr (2019) Implementasi Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYAIROZI_084 138 030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi, Kecenderungan guru dalam menggunakan metode ceramah sebagai sarana menyampaikan materi dan ditambah dengan minimnya guru menggunakan alat peraga sebagai sarana penunjang dalam kegiatan belajar mengajar mengakibatkan siswa menjadi bosan, bermain sendiri, dan melamun. Hal ini berdampak yaitu rendahnya nilai siswa Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah yang terlihat pada nilai rata-rata kelas. Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Sukorejo Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, (2) Bagaimanakah melaksanaan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih ? dan (3) Bagaimanakah evaluasi metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Sukorejo Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penerapannya yaitu dengan pembelajaran berbasis masalah, bertanya, dan memberikan aktivitas kelompok. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Perencanaan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Sukorejo Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan cara guru mempersiapkan materi yang akan dilaksanakan, mempersiapkan siswa serta mempersiapkan sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran, (2) Pelaksanaan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih dilaksanakan dengan cara guru telah menerapkan semua komponen-komponen dalam pembelajaran inquiry di antaranya konstruktivism (construktivism), bertanya (questioning), dan masyarakat belajar (learning community) dan (3) Evaluasi metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih sudah diterapkan. Karena dengan diterapkannya teknik dan kegiatan yang sudah dipaparkan bisa diketahui hasil perkembangan berikut kekurangan dalam kegiatan pembelajaran sehingga, bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat perencanaan yang akan datang. Adapun evaluasi yang digunakan adalah dengan tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:10
Last Modified: 11 Aug 2023 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28047

Actions (login required)

View Item View Item