“Peran Komunitas Rumah Literasi Banyuwangi Dalam Memotivasi Minat Baca Buku Keislaman pada Anak di Desa Ketapang, Banyuwangi ”

Ns, Dani Ainurrofiq (2017) “Peran Komunitas Rumah Literasi Banyuwangi Dalam Memotivasi Minat Baca Buku Keislaman pada Anak di Desa Ketapang, Banyuwangi ”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dani Ainurrofiq Ns_084121132.pdf

Download (4MB)

Abstract

Komunitas Rumah Literasi Banyuwangi merupakan suatu proses dimana upaya pendidikan nonformal oleh penduduk setempat untuk meningkatkan kondisi sosial, ekonomi dan budaya yang lebih bermanfaat dalam memberdayakan masyarakat. Sejatinya pemberdayaan, pendidikan masyarakat merupakan peningkatan kemampuan personal anak yang nantinya akan membantu orang tua khususnya dan lembaga-lembaga pendidikan formal umumnya dalam meningkatkan kualitas diri anak baik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Oleh karena itu peneliti sangat tertarik untuk meneliti fenomena tersebut dengan mengangkat judul penelitian Peran Komunitas Rumah Literasi Banyuwangi Dalam Meningkatkan Minat Baca Buku Keislaman pada Anak di Desa Ketapang, Banyuwangi. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana peran Komunitas RLB dalam memotivasi minat baca buku ke_Islaman pada anak di Ketapang, Banyuwangi ?. 2). Bagaimana upaya Komunitas RLB dalam memotivasi minat baca buku ke_Islaman pada anak di Ketapang, Banyuwangi?. 3). Bagaimanan kendala Komunitas RLB dalam memotivasi minat baca buku ke_Islaman pada anak di Ketapang, Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Komunitas Rumah Literasi Banyuwangi Ketapang Banyuwangi.. Penentuan informan menggunakan: teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: Reducti data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: 1). Peran RLB dalam memotivasi minat baca keislaman pada anak di desa ketapang banyuwangi. RLB mempunyai peran yaitu sebagai pendidik, motivator, fasilitator dan mediator. 2).Dalam upaya RLB memotivasi minat baca buku keislaman pada anak di Desa Ketapang Banyuwangi. RLB mempunyai beberapa program dalam memotivasi minat baca. Program tersebut yaitu gelar buku di tempat wisata (LiterAsik), terjun ke sekolahsekolah, membuka beberapa rumah baca di desa, menginisiasi Desa Literasi, dan lain-lain. 3). Ada beberapa kendala di RLB dalam memotivasi minat baca buku keislaman pada anak, yakni pada relawan sendiri yang memang memiliki kesibukan masing-masing. Ada yang bekerja sebagai guru, pegawai pemda, pengusaha, dan lain-lain. Sehingga hal tersebut yang menyebabkan relawan kurang intens dalam mendampingi anak-anak. Selanjutnya, dalam menjalankan program kampanye membaca dalam lembaga karena kurang dalam segi adminstrasi. Selain itu juga kurangnya buku-buku tentang keislaman karena memang buku didapatkan dari donatur dan iuran relawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:10
Last Modified: 11 Aug 2023 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28048

Actions (login required)

View Item View Item