Kiat-Kiat Membiasakan Puasa Sunah untuk Memotivasi Belajar Santri pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember.

Farid, Mr. (2019) Kiat-Kiat Membiasakan Puasa Sunah untuk Memotivasi Belajar Santri pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farid_084121317.pdf

Download (22MB)

Abstract

Puasa secara umum dapat dimaknai sebagai upaya menahan diri dengan tidak melakukan hal-hal yang dikehendaki, berdasarkan hasrat dan hawa nafsu. Ketika ada seorang sedang menahan diri untuk tidak berbicara dan ia tidak berbicara sekatapun maka seorang tersebut sedang menjalankan puasa. Ketika seseorang sedang menahan diri tidak makan, minum dan lain-lain sesuai aturan yang diperintahkan dalam puasa maka orang tersebut juga sedang berpuasa. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kiat-kiat puasa sunah senin kamis untuk memotivasi belajar santri pada mata pelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember ? 2) Bagaimana kiat-kiat puasa sunah daud untuk memotivasi belajar santri pada mata pelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember ? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kiat-kiat puasa sunah senin kamis untuk memotivasi belajar santri pada mata pelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember. 2) mendeskripsikan kiat-kiat puasa sunah daud untuk memotivasi belajar santri pada mata pelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsaan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kiat-kiat membiasakan puasa sunah senin kamis adalah dengan niat puasa karena Allah SWT, memiliki tujuan atau idealisme yang kuat, serta bergabung dengan lingkungan yang memiliki visi yang sama. Santri yang mengamalkan puasa senin kamis, motivasi belajar nahwu shorofnya meningkat, hal ini dilihat berdasarkan ketuntasan hafalan mereka yang selesai dalam jangka waktu kurang lebih delapan bulan, lebih cepat dari pencapaian normal yakni satu sampai tiga tahun. 2) Kiat-kiat membiasakan puasa sunah daud adalah niat berpuasa karena Allah SWT, memiliki tujuan dan idealisme yang kuat, bergabung dengan lingkungan yang memiliki visi yang sama, serta berlatih puasa senin kamis atau puasa sunah yang lain terlebih dahulu bagi yang baru berpuasa sunah daud. Santri yang puasa sunah daud, motivasi belajar nahwu shorofnya meningkat, hal ini dilihat berdasarkan ketuntasan hafalan nahwu shorof santri yang berpuasa daud, yaitu bisa selesai dalam jangka waktu tujuh bulan, ini dinilai lebih cepat jika dibandingkan dengan pencapaian normal yakni satu sampai tiga tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:11
Last Modified: 11 Aug 2023 09:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28054

Actions (login required)

View Item View Item