PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sholikhah, Diana Putri (2017) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diana Putri Sholikhah_084 131 279.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh dunia pendidikan, terutama dalam hal memasuki era globalisasi yang penuh tantangan. Kurikulum 2013 pada penerapannya di MTs. Negeri 04 Jember masih menemui beberapa problem seperti kesiapan guru dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi menggunakan kurikulum 2013, serta kesiapan peserta didik dalam melakukan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problematika perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri 04 Jember? 2) Bagaimana problematika pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri 04 Jember tahun? 3) Bagaimana problematika evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri 04 Jember?. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan problematika perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri 04 Jember. 2) Mendeskripsikan problematika pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri 04 Jember. 3) Mendeskripsikan problematika evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri 04 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik/metode. Hasil penelitian ini adalah: 1) Problematika perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah guru tidak menyesuaikan silabus yang diperoleh dari pusat dengan karakteristik peserta didik, guru kesulitan menentukan metode pembelajaran untuk peserta didik baru, guru kesulitan menyusun RPP. 2) Problematika pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah guru kadang tidak melaksanakan kegiatan inti sesuai dengan RPP, peserta didik kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak, serta pengaruh lingkungan yang tidak sesuai dengan pembentukan perilaku peserta didik di sekolah. 3) Problematika evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah guru kadang tidak melakukan penilaian proses, guru kesulitan menyusun rubrik penilaian yang ada pada kurikulum 2013, dan kelas IX masih menggunakan rapor KTSP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:19
Last Modified: 11 Aug 2023 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28067

Actions (login required)

View Item View Item