Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Modelling The Way Pada Materi Fiqih “Shalat Berjamaah” Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Khairunnisa', Na'ila Safira (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Modelling The Way Pada Materi Fiqih “Shalat Berjamaah” Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NA’ILA SAFIRA KHAIRUNNISA’_T20184058.pdf

Download (7MB)

Abstract

Naila Safira Khairunnisa’ 2022: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Modelling The Way Pada Materi Fiqih “Shalat Berjamaah” Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Modelling The Way, Fiqih Shalat Berjamaah
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami aktivitas belajar, hasil belajar suatu proses pembelajaran untuk melihat sejauh mana peserta didik dapat menguasai pembelajaran setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar atau keberhasilan yang dicapai seorang peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Penyebab tidak meningkatnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah strategi pembelajaran yang masih menggunakan ceramah. Sehingga proses pembelajaran masih berjalan kurang maksimal dalam memperoleh hasil pembelajaran. Maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat untuk merangsang peserta didik agar menjadi lebih aktif dalam belajar.
Berdasarkan masalah tersebut, peneliti kemudian merumuskan masalah penelitian, Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Strategi Modelling The Way Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pada Materi Fiqih Shalat Berjamaah kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fiqih shalat berjamaah menggunakan strategi modelling the way pada kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalah yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Target yang ditentukan untuk mencapai keberhasilan >70%.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan strategi modelling the way dengan cara, guru menjelaskan materi pembelajaran tentang shalat berjamaah, kemudian membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, kemudian peserta didik diminta untuk mempraktikkan kembali tantang tata cara shalat berjamaah. Penerapan strategi modelling the way pada mata pelajaran fiqih shalat berjamaah kelas II Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal itu dibuktikan dengan melakukan tes setiap akhir siklus, pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 68.18% dan pada siklus II mencapai 86.36%, dengan begitu hasil belajar mengalami peningkatan yang semula pada siklus I hasil belajar peserta didik masih 68.18%, dan pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan mencapai 86.36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Na'ila Safira Khairunnisa'
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:07
Last Modified: 14 Aug 2023 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28075

Actions (login required)

View Item View Item